Home » , » Tips Belajar Yang Efektif dan Efisien

Tips Belajar Yang Efektif dan Efisien

Dhedi R Ghazali | Sunday, February 09, 2014 | 2komentar
Tips Belajar Yang Efektif dan Efisien

Setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi orang yang pintar. Tidak ada cara lain untuk menjadi pintar selain belajar. Belajar adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh orang yang ingin mejadi pintar. Namun adakalanya banyak orang yang sudah mengisi waktunya untuk belajar namun tetap saja nilai-nilai mereka disekolah atau perguruan tinggi masih belum memuaskan. Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kita sudah berusaha namun tetap saja hasil yang dicapai kurang memuaskan. Berdasar pengalaman dan melihat realita dari teman saya bahkan termasuk adik saya sendiri, saya dapat menyimpulkan bahwa cara belajar mereka tidaklah efektif. Kenapa saya bisa katakan demikian ??? selain karena mereka belajar tanpa jadwal yang jelas, dalam belajar mereka juga hanya asal belajar tanpa memahami apa yang sedang mereka pelajari. Hanya sebatas membaca saja belumlah cukup.

Lewat tulisan ini saya ingin berbagi sedikit tips cara belajar yang efektif dan efisien. Tips ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya sendiri selama ini. Dan bagi saya hasilnya sampai sejauh ini cukup memuaskan. Saya yakin masih banyak tips dari orang lain yang bisa digunakan, namun alangkah bijaknya jika setelah membaca tips dari saya ini selanjutnya mencoba menerapkannya. Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

1.    Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Memilih waktu yang tepat untuk belajar sangatlah penting. Jika kita salah memilih waktu belajar yang ada hanyalah hal yang kita pelajari akan susah untuk dicerna. Dan waktu yang tepat untuk belajar adalah :

Jam 19.30 setelah menjalankan shalat isya.

Jam 03.00, bagi yang beragama islam cobalah biasakan untuk shalat malam jam 2.30 setelah itu dilanjut belajar cukup 30 menit atau 1 jam saja. Waktu ini otak masih refresh dan akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Jam 04.30, setelah shalat subuh. Waktu ini juga tepat untuk belajar sebelum melakukan aktifitas berikutnya. Cukup 30 Menit saja.

2.    Buat Jadwal Yang Pasti dan Konsekuen Dengan Jadwal Tersebut

Buatlah jadwal rutin untuk belajar. Menurut saya tidak harus selama 7 hari dalam seminggu kita membuat jadwal belajar. Adakalanya kita perlu refresing. Saya sarankan untuk membuat jadwal belajar 5 hari dalam seminggu dari hari senin sampai jum’at saja. Buatlah jadwal mulai dari waktu dan materi apa yang akan dipelajari dalam waktu tersebut. Konsekuenlah dengan jadwal yang telah dibuat. Jika perlu tempel jadwal didepan pintu kamar tidur kita.

3.    Pahami Karakteristik Pelajaran/Mata Kuliah Yang Ingin Dipelajari

Memahami karakteristik materi yang akan kita pelajari adalah hal yang penting. Misalkan kita ingin belajar matematika maka yang harus dilakukan adalah perbanyak mengerjakan soal dan mencari rumus-rumus baru yang mudah untuk kita gunakan. Berbeda jika ingin belajar bahasa Indonesia maka kita harus membaca materi yang ada secara berulang. Karena jarang sekali orang yang bisa memahami dan mengingat dengan hanya 1 kali membaca saja. Setiap mata pelajaran/Mata Kuliah memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Maka pahamilah karakteristik tersebut agar dapat belajar dengan efektif.

4.    Carilah Point-Point Penting Pelajaran/Mata Kuliah

Saat belajar tidak perlu semuanya kita pelajari. Karena terkadang banyak buku atau modul yang isinya banyak namun intinya hanya sedikit. Cobalah untuk belajar dengan cara mengambil point-point yang sekiranya penting. Setelah menemukannya maka pelajarilah point-point tersebut secara berulang sampai benar-benar paham. Jika kita terbiasa melakukannya maka semakin lama kita akan terbiasa dan dapat dengan mudah menemukan point-point penting tersebut. Contoh point-point penting adalah hal yang sering disampaikan oleh guru/dosen saat memberikan materi.

5.    Jangan Terpaku Pada Modul Yang Diberikan Oleh Guru/Dosen

Ilmu itu bisa didapat dengan banyak cara dan tidak hanya dari modul atau buku yang diberikan oleh guru/dosen. Kita harus mencari referensi lain seperti dari internet ataupun tukar pikiran dengan orang lain. Jika kita hanya terpaku pada modul/buku yang diberikan oleh dosen/guru maka kita tidak akan mendapatkan ilmu baru. Karena saya yakin materi yang disampaikan oleh guru/dosen saat mengajar sebagian besar berasal dari modul mereka.

6.    Membuat Kelompok Belajar

Ada kalanya kita aka bosan jika hanya belajar sendirian. Selain itu saya yakin kita akan merasakan saat kita tidak bisa mengerjakan sesuatu seperti megerjakan tugas ataupun PR sendirian. Maka ada baiknya kita mempunyai kelompok belajar. Mungkin terkesan seperti anak SD atau SMP, tetapi dengan kelompok belajar kita akan lebih semangat belajar dan bisa bertukar ilmu dengan teman dalam kelompok tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan dalam postingan saya kali ini. Setiap orang mempunyai sifat dan karakter yang berebeda. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika selama mencoba melakukan tips ini sesuaikanlah dengan karakter dan sifat kita masing-masing. Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah bersedia membaca postingan ini.




Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

2 komentar:

Denaihati said...

semoga dengan perkongsian ni ramai pelajar akan mendapat manfaatnya, insyaAllah.

Dhedi R Ghazali said...

Aamiin

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger