Home » , , » Berhati-hatilah Dalam Berbicara dan Bertindak

Berhati-hatilah Dalam Berbicara dan Bertindak

Dhedi R Ghazali | Friday, February 21, 2014 | 2komentar
Berhati-hatilah Dalam Berbicara dan Bertindak
Suatu ketika saya sedang bercengkrama dengan sahabat-sahabat saya. Waktu asyik mengobrol, tiba-tiba saja datang seorang teman saya dengan muka yang sedikit beda dengan biasanya.Sebut saja namanya Ikhsan. Entah apa yang sedang ada dipikiran Ikhsan, saya sendiri tidak tahu waktu itu. Singkat cerita, ada teman saya satu lagi datang, namanya Wawan. Tiba-tiba dia menepuk pundak ikhsan sambil mengagetkan dia. Maklum kami memang sering bercanda. Namun suasana yang tadinya ramai dengan obrolan hangat tiba-tiba berubah seketika. Tanpa diduga Ikhsan tidak terima dengan perlakuan Wawan yang mengagetkan dia dengan menepuk pundaknya. Ikhsan begitu marah sampai hampir saja memukul Wawan, untung saja saya sempat melerai adu mulut diantara mereka berdua.

Saya bingung betul waktu itu, tidak biasanya Ikhsan seperti itu. Selama ini saya mengenal Ikhsan adalah pribadi yang sopan dan tidak mudah marah. Namun hari ini dia begitu berbeda. Saya pun akhirnya mengajak Ikhsan untuk berbicara empat mata. Ternyata dia sedang ada masalah dengan keluarganya. saya pun tersadar akan hikmah dibalik peristiwa ini. Ternyata sifat sseorang bisa berubah dengan begitu cepatnya dan tanpa didiga-duga ketika orang tersebut sedang mengalami hal yang tidak enak didalam kehidupannya. Nah inilah yang ingin saya bahas pada artikel kali ini.

Mari kita cari hikmah dari cerita saya diatas. Dalam sebuah persahabatan atau dalam bersosial ditengah masyarakat sering sekali terjadi masalah seperti cerita di atas. Tak jarang bahkan sampai menimbulkan perkelahian yang berujung pada renggangnya persahabatan. Kenapa bisa demikian? Kalau kita pahami dengan benar, inti dari cerita di atas adalah " Berhati-hatilah dalam berbicara, berbuat, bertindak dan berperilaku berperilaku terhadap seseorang bahkan orang yang kita kenal dekat. Karena kita tidak akan bisa selalu tahu suasana hati orang tersebut. Kita harus bisa mengerti bahwa suasana hati seseorang bisa merubah sifat dan sikap orang tersebut dalam waktu sekejap ". Saya yakin banyak yang sudah mengalami kejadian seperti ini. Ketika kita berniat bercanda tanpa diduga justru menimbulkan masalah dan adu mulut dengan seseorang. Padahal maksud kita hanya bercanda, tapi apa mau dikata ternyata orang yang kita ajak bercanda sedang tidak bisa diajak bercanda karena suatu hal yang membuat hati orang tersebut berkecamuk, bimbang, resah bahkan stres. 

Lalu apa yang harus kita lakukan? Kita harus benar-benar menyadari bahwa kita tidak akan bisa selalu tahu apa yang ada dipikiran orang lain, apa yang sedang dia rasakan, dia sedang ada masalah atau tidak dan apakah dia sedang mood atau tidak. Inilah yang menuntut kita untuk selalu berhati-hati dalam bertindak, berbicara dan berperilaku terhadap orang lain. Lebih baik kita lihat dulu raut wajahnya, kita lihat dulu tingkah lakunya apakah seperti biasanya atau tidak. Jika kita termasuk orang yang peka, saya yakin kita akan dengan mudah mengetahui apakah dia sedang mempunyai masalah atau tidak. Jika sekiranya kita merasa dia berbeda dari biasanya dan terlihat sedang ada masalah maka cobalah untuk diajak berbicara dengan suasana yang santai lalu pancing dia agar mau bercerita apa yang sednagterjadi. Dengan begitu Insyaallah tidak akan terjadi hal seperti cerita yang saya tuliskan diparagraf pertama.

Pada intinya yang ingin saya sampaikan disini adalah kita harus peka terhadap orang lain. Jangan sampai karena ketidak-pekaan kita terhadap orang lain bisa menimbulkan permasalahan dengan orang tersebut. Senantiasalah berhati-hati dalam berbicara, berperilaku dan bertindak. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat. Aamiin.


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

2 komentar:

Maskhur Hidayat said...

tutur2 kta emang sngt berpengruh dlm khidupan sperti pribahsa mulutmu harimaumu

kalau ad waktu mampir jg dblog ane ya

http://maszhiday.blogspot.com/

Dhedi R Ghazali said...

Makasih kunjungannya gan. Insyaallah saya kunjunngi balik blognya.

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger