Mengunggkap Kepalsuan CINTA

Dhedi R Ghazali | Tuesday, February 25, 2014 | 0 komentar
Mengunggkap Kepalsuan CINTA
Pacaran. Siapa yang tidak tahu dengan istilah satu ini. Sebagian besar pasti tahu dengan istilah “ PACARAN “. Terutama dengan anak ABG dan anak remaja serta dewasa yang masih berada dibangku sekolah ataupun kuliah. Jujur, saya sendiri pun tahu dan bahkan pernah kenal dengan namanya pacaran. Tak jarang pun topik ini sering menjadi Tranding Topics diantara obrolan ataupun curhatan seseorang. Kali ini saya akan mencoba membahas tentang kepalsuan-kepalsuan yang sering terjadi dalam hubungan pacaran. Selain dari pengalaman pribadi saya, pembahasan kali ini juga saya dapat dari curhatan teman, sahabat bahkan dari status orang-orang ditwetter, facebook ataupun media sosial lainnya.

Dalam fenomena pacaran yang sering terjadi adalah berprinsip suka sama suka dan selalu ingin membuat pacarnya bahagia, gembira dan senang. Maka wajar jika seseorang akan melakukan hal yang bisa membuat pacarnya senang seperti memberikan kado saat ulang tahun, mengucapkan kata-kata mesra, mengajak kencan dan lain sebagainya. Dalam istilah saya, sering saya sebut dengan kalimat “ Ku tahu yang kau mau dan aku akan lakukan apa yang kau mau. Ku ingin kau bahagia maka aku akan melakukan apapun yang buatmu bahagia “. Romantis kan ?? Hehehe… Nah disinilah mulai banyak terjadi kepalsuan didalam pacaran itu sendiri. Apa saja kepalsuan tersebut, mari kita coba kupas satu persatu ( ingat, ini adalah pendapat saya sehingga bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang Anda pikirkan ) :

Pertama, ketika orang pacaran biasanya orang tersebut akan menyembunyikan sifat aslinya. Apa contohnya, ada teman saya yang dia itu paling suka dengan namanya merokok. Sedangkan pacarnya sangat membenci orang yang merokok. Alhasil teman saya tersebut setiap sedang ada pacarnya tidak pernah sama sekali merokok dan sering bilang “ Aku gak merokok kug sayang “, namun dibelakanngya dia masih berlanjut menghisap rokok. Itu baru salah satu contoh dan masih banyak contoh yang lainnya. Tidak bisa dipungkiri memang ada beberapa kenyataan yang terjadi dimana ketika cinta ( berpacaran ) dapat membuat sifat dan karakter seseorang berubah menjadi lebih baik dalam waktu sekejap. Namun tak jarang pula ketika terjadi masalah dalam hubungan pacaran tersebut, juga akan berdampak kepada perubahan karakter dan sifat yang menuju ke dalam area negatif. Inilah kepalsuan pertama dalam berpacaran, seseorang akan selalu berpalsu-palsu ria didepan pacarnya dan menyembunyikan sifat dan karakter aslinya. Nah, kepalsuan ini sering terbongkar ketika hubungan pacaran seseorang diterpa prahara dan konflik diantara keduanya. Saat itulah sifat asli seseorang akan terlihat, sifat asli yang pemarah, keras kepala,  ataupun apapun yang bertentangan dengan sifat dan karakter yang sering ditunjukkan sebelumnya didepan pacar mereka.

Kedua, kepalsuan yang kedua adalah dalam pacaran sering sekali didapati ketidakjujuran. Kug bisa ?? Bagi Anda yang sedang berpacaran coba ingat-ingat kembali berapa kali pacar Anda tidak jujur dengan Anda?? Hehehe… Pasti pernah kan hal itu terjadi ?? Seringkali seseorang akan bermuka dua didepan pacarnya, bersumpah serapah tapi ternyata dibelakangnya dia melanggar semua sumpahnya tersebut. Apalagi ketika pada masa tahapan PDKT alias pendekatan. Setiap orang yang baru beberapa hari ketemu pasti banyak sekali terdapat celah ketidakjujuran. Ngakunya sih masih single, eee gak tahunya punya pacar sekarung atau bahkan sudah beristri dan beranak. Kita semua tahu bahwa ketidakjujuran adalah hal yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata, maka wajar ketidakjujuran seringkali mudah terjadi dalam hubungan pacaran demi untuk menyembunyikan sesuatu yang bisa mengakibatkan hubungan pacaran tersebut bubar alias putus. Jadi, bagi kalian yang sedang berpacaran maka berhati-hatilah dan bersiap-siaplah, didepanmu mungkin pacarmu itu terlihat sempurna, baik dari luar dan dalamnya, tapi siapa tahu di belakangmu dia adalah orang yang berbeda jauh dari apa yang kamu kenal selama ini. Mungkin selama ini pacar kamu selalu romantis tapi ternyata dibelakangmu dia adalah orang yang bengis dan sadis, dia ngaku shalatnya rutin dan rajin tapi yang ada dia hanya shalat sekali dalam sehari bahkan bisa jadi tidak sama sekali, ngakunya dia anak orang kaya tapi ternyata dia adalah anak orang yang gak berada, ngakunya alim ternyata dia orang yang lalim dan lain sebagainya , hanya Allah lah yang tahu. (yeee….Kejam kan tuh ).

Ketiga, kepalsuan selanjutnnya adalah dalam pacaran seringkali tidak bisa pegang janji. Pernah gak pacar kamu bilang gini “ Sayang, sabar ya habis ini aku pasti akan melamarmu, akan kukenalkan kamu dengan keluargaku. Aku berjanji sayang..”. Nah hlo, siapa yang gak klepek-klepek mendengar kalimat tersebut. Sebuah rayuan dahsyat yang begitu kuat mengikat erat. Tapi jangan senang dulu hlo, selama ini banyak kasus yang lantang mengatakan bahwa semua itu hanyalah rayuan gombal belaka. Coba deh kamu ingat-ingat lagi, udah berapa kali pacar kamu bilang seperti itu dan udah ditepati belum janji itu. Bagi yang sudah Ya Alhamdulillah dan semoga segera menikah sedang bagi yang belum saya ikut prihatin atas kepalsuan yang diberikan oleh pacar kamu. Heheheh…., Apalagi yang ngomong seperti itu adalah pasangan pacaran yang masih dalam bangku sekolah seperti SMA misalnya, nah darimana mau melamar kalau sekolah aja belum kelar, pekerjaan belum ditangan. Mau ngelamar pake apa hayoo, dikira melamar itu gak pake uang apa?? Terus kalau udah dilamar lalu nikah, mau dikasih makan apa itu pacar kamu, hihihihihi… mau dikasih makan pasir dan batu dipekarangan rumah?? ( Betull gak ?? ), Realistis itu terkadang diperlukan dalam beberapa hal ! Lalu kenapa dalam pacaran itu sering terjadi ingkar janji, jawabannya sederhana aja kug “ Ya karena pacaran bukanlah suatu tahapan yang serius “. Dalam masa pacaran pasti akan datang waktu ketika kita gak yakin kalau pacar kita itu benar –benar calon suami/istri kita atau bukan. Apalagi masih banyak orang lain disekelilingnya yang bisa jadi adalah benar-benar jodohnya. ( Inget, banyak orang pacaran yang dihamilin lalu ditingalin begitu aja, ngakunya mau tanggung jawab tapi ternyata …  Yasudahlah, akhirnya dosa didapat petaka dating merapat )

Keempat, yang terakhir dari kepalsuan dalam pacaran adalah menawarkan kegelisahan, kecurigaan dan kegalauan. Niat hati mau hidup senang dengan berpacaran tapi apa daya ternyata yang ada hanya menimbulkan kegelisahan, kecurigaan dan kegaulaan yang teramat erat mendekap. Mau nya hidupnya tenang, eeee palah stress gara-gara pacarnya selingkuh dan lain sebagainya. Pernah enggak kamu berfikiran seperti ini pada pacar kamu “ jangan-jangan pacarku itu dibelakangku sedang berselingkuh ria dengan orang lain, jangan-jangan dia sedang berduaan dengan yang lain dan jangan-jangan, jangan-jangan, jangan-jangan … dan seterusnya “. Berawal dari kecurigaan itu timbulah kegelisahan. Kegelisahan tak tertahan maka timbulah niat bertnya pada pacarnya. Setelah bertanya yang ada palah saling tuduh menuduh, saling cekcok, ujung-ujungnya istana pacaran yang telah dibangun runtuh berantakan menyisakan kegalauan yang teramat dalam ( loe gue end ). Kegalauan tak jarang membawa kita menuju hal-hal yang diluar nalar, seperti mabuk-mabukan,  bahkan tak sedikit yang bunuh diri gara-gara diputus pacar. Nah hlo, kalau udah gitu bisa apa kita manusia yang serba lemah ini ?? Kenapa hal ini bisa terjadi ?? Sekali lagi ya karena pacaran sebatas didasari suka sama suka saja, tidak lebih !! Dan pacaran bukanlah hubungan yang didasarkan keseriusan !!

Itulah beberpa kepalsuan yang menurut saya sering terjadi dalam pacaran. Sekali lagi kalau apa yang sudah saya paparkan diatas tidak berkenan silahkan tuliskan komentar dibawah postingan ini. Silahkan berkeluh kesah. Mungkin diluar sana masih banyak berkeliaran kepalsuan-kepalsuan yang belum saya sampaikan, maka silahkan juga menyampaikan pada komentar. Dan pada akhirnya semoga sedikit yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat dan membuka hati dan pikiran kita. Aamiin.


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)






Kehidupan Tanpa Batas

Kumpulan Puisi Islami ( Part 1 )

Dhedi R Ghazali | Sunday, February 23, 2014 | 0 komentar
Rasanya sudah lama saya tidak menulis puisi dengan bertemakan agama. Entah kenapa tiba-tiba saja hati saya berkecamuk dan akhirnya menggerakan pikiran dan tangan saya untuk menciptakan sebuah puisi bertemakan agama. Setelah beberapa saat terdiam, akhirnya terciptalah dua buah puisi yang tercipta. Salah satu puisi yang saya beri judul " DEMI FAJAR " adalah puisi yang lahir setelah saya membaca surat Al-Fajr beserta artinya. Sungguh ternyata Al-Qur'an penuh dengan bahasa yang indah dan bisa saya katakan sebuah sastra yang benar-benar tidak ada tandingannya. Nah, daripada berlama-lama langsung saja baca puisi yang telah saya ciptakan ini, semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi pada kita semua. Aamiin . .

DEMI FAJAR

Demi Fajar
Demi malam yang sepuluh tiap bulannya
Dan demi yang genap dan yang ganjil

Kala Tuhan menurunkan cemeti siksaan pada manusia
Saat malaikat berbaris-baris
Dan neraka diperlihatkan oleh-Nya
Penyesalan itu tiada akan berguna...

Tiada yang mengikat manusia seerat ikatan-Nya
Tiada siksa didunia yang melebihi siksa-Nya
Tiada panas yang melebihi bara neraka-Nya

Lantas mau kau kemanakan nafsumu setelah peringatan itu??
Sedang setiap langkahmu, helai nafasmu dan setiap detik dalam hidupmu . .
Tak lepas dari pandangan-Nya

Wahai hati-hati yang suci
Kembalilah pada ridho Illahi
Masuklah sepenuhnya menjadi hamba-Nya
Beramalah didunia guna masuk surga-Nya

Sungguh bahagia dunia hanyalah fana
Tak juga lama hanya sementara
Hanya sesebentar umur hidupmu didunia
Bisa bawamu menyesal untuk selamanya
Tidakkah kau Menyadarinya???

Yogya, 20 Februari 2014
Terinspirasi dari Surat Al-FAJR


TERLENA FANA DUNIA

Hina bercengkrama dengan nista
Bermuara dosa diantara putihnya muasal manusia
Berpendar iman berpencar, mudah digoyahkan!
Diterpa angin kemaksiatan, hancur berantakan!

Barisan ayat-ayat Tuhan dibiarkan terlentang tak digerakkan
Hanya dibiarkan, terdiam dipojokkan ruang-ruang kehidupan
Hilang sudah iman tenggelam dalam comberan kekafiran...
Tergadaikan dengan fana kehidupan yang berkilauan

YOGYA, 20 Februari 2014
Dhedi R Ghazali


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Kehidupan Tanpa Batas

Hati Yang Abu

Dhedi R Ghazali | Friday, February 21, 2014 | 0 komentar
 Hati Yang Abu
Hati Yang Abu

/1/
Malam mencapai puncak
Satu bayang merambat acak
Di sini, masih terasa abu mengendap
Abu yang tak bisa kukecap.

Serupa apa abu itu?
Apa kini menjelma bak rindu?
Yang mendekap,
Mendangkalkan laut harap.
Mengelamkan langitku, pengap!

/2/
Di mataku:
Mawar tak lagi merah
Langit tak lagi cerah
Semua mengabu-abu
Semu!
Bisu.
Berlalu-lalu ...
Kelu.

/3/
Dulu.
Ada hati yang ber-satu
Merajut cinta tanpa jemu
Hingga datang api menyulut mimpiku menjadi debu.

Tak lagi dua atau satu.
Semua habis, tinggallah debu abu
Lalu angin buatnya berlalu
Tinggallah Ia, sang belenggu rindu.

"Pilu?"
Tentu!

... Selalu.

/4/
Kutunggu hujan
Percikkan kedamaian
Warnai kehidupan
Pada hati yang muram
Tuk hapuskan warna kelam.

Hendaknya aku harus keluar
Pergi, bebaskan hati mencari lagi pengganti
Karna takkan kudapat pelangi
Jika terus diam di sudut ruang ini

/5/
Harap hati yang abu berkarat tua
Kembali menjadi merah muda ceria
Kulepas duka
Kugenggam cinta.

Bandung, 17 Februari 2014
Dianie Apnialis M.


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)



Kehidupan Tanpa Batas

Berhati-hatilah Dalam Berbicara dan Bertindak

Dhedi R Ghazali | Friday, February 21, 2014 | 2komentar
Berhati-hatilah Dalam Berbicara dan Bertindak
Suatu ketika saya sedang bercengkrama dengan sahabat-sahabat saya. Waktu asyik mengobrol, tiba-tiba saja datang seorang teman saya dengan muka yang sedikit beda dengan biasanya.Sebut saja namanya Ikhsan. Entah apa yang sedang ada dipikiran Ikhsan, saya sendiri tidak tahu waktu itu. Singkat cerita, ada teman saya satu lagi datang, namanya Wawan. Tiba-tiba dia menepuk pundak ikhsan sambil mengagetkan dia. Maklum kami memang sering bercanda. Namun suasana yang tadinya ramai dengan obrolan hangat tiba-tiba berubah seketika. Tanpa diduga Ikhsan tidak terima dengan perlakuan Wawan yang mengagetkan dia dengan menepuk pundaknya. Ikhsan begitu marah sampai hampir saja memukul Wawan, untung saja saya sempat melerai adu mulut diantara mereka berdua.

Saya bingung betul waktu itu, tidak biasanya Ikhsan seperti itu. Selama ini saya mengenal Ikhsan adalah pribadi yang sopan dan tidak mudah marah. Namun hari ini dia begitu berbeda. Saya pun akhirnya mengajak Ikhsan untuk berbicara empat mata. Ternyata dia sedang ada masalah dengan keluarganya. saya pun tersadar akan hikmah dibalik peristiwa ini. Ternyata sifat sseorang bisa berubah dengan begitu cepatnya dan tanpa didiga-duga ketika orang tersebut sedang mengalami hal yang tidak enak didalam kehidupannya. Nah inilah yang ingin saya bahas pada artikel kali ini.

Mari kita cari hikmah dari cerita saya diatas. Dalam sebuah persahabatan atau dalam bersosial ditengah masyarakat sering sekali terjadi masalah seperti cerita di atas. Tak jarang bahkan sampai menimbulkan perkelahian yang berujung pada renggangnya persahabatan. Kenapa bisa demikian? Kalau kita pahami dengan benar, inti dari cerita di atas adalah " Berhati-hatilah dalam berbicara, berbuat, bertindak dan berperilaku berperilaku terhadap seseorang bahkan orang yang kita kenal dekat. Karena kita tidak akan bisa selalu tahu suasana hati orang tersebut. Kita harus bisa mengerti bahwa suasana hati seseorang bisa merubah sifat dan sikap orang tersebut dalam waktu sekejap ". Saya yakin banyak yang sudah mengalami kejadian seperti ini. Ketika kita berniat bercanda tanpa diduga justru menimbulkan masalah dan adu mulut dengan seseorang. Padahal maksud kita hanya bercanda, tapi apa mau dikata ternyata orang yang kita ajak bercanda sedang tidak bisa diajak bercanda karena suatu hal yang membuat hati orang tersebut berkecamuk, bimbang, resah bahkan stres. 

Lalu apa yang harus kita lakukan? Kita harus benar-benar menyadari bahwa kita tidak akan bisa selalu tahu apa yang ada dipikiran orang lain, apa yang sedang dia rasakan, dia sedang ada masalah atau tidak dan apakah dia sedang mood atau tidak. Inilah yang menuntut kita untuk selalu berhati-hati dalam bertindak, berbicara dan berperilaku terhadap orang lain. Lebih baik kita lihat dulu raut wajahnya, kita lihat dulu tingkah lakunya apakah seperti biasanya atau tidak. Jika kita termasuk orang yang peka, saya yakin kita akan dengan mudah mengetahui apakah dia sedang mempunyai masalah atau tidak. Jika sekiranya kita merasa dia berbeda dari biasanya dan terlihat sedang ada masalah maka cobalah untuk diajak berbicara dengan suasana yang santai lalu pancing dia agar mau bercerita apa yang sednagterjadi. Dengan begitu Insyaallah tidak akan terjadi hal seperti cerita yang saya tuliskan diparagraf pertama.

Pada intinya yang ingin saya sampaikan disini adalah kita harus peka terhadap orang lain. Jangan sampai karena ketidak-pekaan kita terhadap orang lain bisa menimbulkan permasalahan dengan orang tersebut. Senantiasalah berhati-hati dalam berbicara, berperilaku dan bertindak. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat. Aamiin.


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Kehidupan Tanpa Batas

Ketika Kata Tertata Tak Bermakna Nyata

Dhedi R Ghazali | Wednesday, February 19, 2014 | 0 komentar

Ketika Kata Tertata Tak Bermakna Nyata

JIKA KATA TERTATA TAK BERMAKNA NYATA

Jika..
Kugenggam bara asmara, erat
Terbakarlah tubuhku ini olehnya
Hanya jika tak kugenggam..
Menghilang dia direbut orang

Jika..
Kubiarkan denting waktu berlalu tanpa dia disampingku
Tersayatlah nadiku, mengalir deras darahku bak aliran sungai
Jasadku kan terbengkalai, dibelai ulat-ulat bergeliat
Memakan dagingku hingga habis, berakhir Tragis!

Arghhh..
Sudahlah, ini hanyalah sebuah kata tertata tak bermakna nyata
Karena jika semua nyata..
Tak akan aku berkata sedemikian adanya..
Karena tak ingin kuberdusta lalu berdosa hinga nyata terbakar api neraka

Yogya, 18 Februari 2014
Dhedi R Ghazali


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Kehidupan Tanpa Batas

Kumpulan Puisi Sa-Saka Part 1

Dhedi R Ghazali | Wednesday, February 19, 2014 | 0 komentar
Kumpulan Puisi Sa-Saka Part 1

Ini adalah 10 Sa-Saka yang masuk dalam nominasi saat lomba membuat Sa-Saka di Group FB Puisi Sa-Saka pada Tanggal 17 Februari 2014. Silahkan pahami dan resapi Sa-Saka dibawah ini. Semoga bisa bermanfaat.


(1)
Mau Batik
...
Batik cantik di butik
Bagai digelitik jentik lentik
Tergelitik ingin memetik

***

(2)
“MENANTI BIDADARI”

Berdiri sendiri menikmati hari
Sembari menunggu mentari
Mencuri pagi memori suri
Memberi senyum berseri

Mari kemari, wahai bidadari
Bidadari yang sri asri
Menari bersama mentari
Kusendiri merasa menduri

Banjarmasin, 18 Feb 2014
03 : 41 Wita, Mr.Cozy

Suri : Mati (sementara waktu)
Sri : yg mulia
Seri : cahaya; semarak; n kemuliaan; keindahan; a cantik; bagus;
Menduri : spt duri; ki tajam; menyakiti hati

***

(3)
“SEMESTA BERDUKA CITA”

Tahta, kasta bagai mahkota
Wanita membuat buta mata
Harta tersita menjadi derita

Harta, tahta, wanita…
Fakta kehidupan nyata kita
Semesta berdukacita !

Banjarmasin, 18 Feb 2014
00:31, Mr.Cozy

Kasta : golongan (tingkat atau derajat)
Tersita : sita; perihal mengambil dan menahan barang

?#?Puisi_sasaka_Mr?.Cozy (Fajar Antara HitamPutih)

***

(4)

Tak Sebanding

Cinta bertahta membuta mata
Berkata-kata menata cerita
Serta merta mahkota tersita
Cita-cita terlunta-lunta
Dinista dusta.

?#?Puisi_Sasaka_Abu?

***

(5)
Menikah

alangkah indahnya menikah
melangkah merangkul berkah
apakah purnama merekah?
menundukkan tingkah - tingkah serakah
terperangkap lukah halkah
berdekah halallah hokah

Note :
halkah = gelang
Hokah =Pipa pnjang untuk tembakau
lukah = Alat yg terbuat dari rotan

***

(6)
POLISI TILANG

Aparat-aparat keparat
Menjerat erat rakyat-rakyat melarat
Tersirat syarat-syarat
Kolongmerat bersyarat tak terjerat

Yogya, 17 Februari 2014
Dhedi R Ghazali

( fenomena bebas tilang karena uang )

***

(7)
Pemain Gambus

dipetik gambus tergelitik
titik - titik nada melentik cantik
gambus berdetik -detik menggelatik
rintik - rintik merdu tersetik
menitik irama berputik - putik

?#?puisi_sasaka_sesederhanasenja?,17 februari 2014

***

(8)

-Meski Maut Telah Berbicara-

Mesra memagut asmara
Meski aksara terpenjara lara
bara apinya bermuara jawara
walau sengsara bersuara
tapi mutiara terpelihara

Cinta berpusara didera
meninggalkan aura-aura dara
Di pura belantara
memanjatkan aurora-aurora kejora

tak terkira gelora-gelora
tiada tara bahtera

medan,17 februari 2014: raja bagus hariawan

***

(9)

Bimbang

Berhati-hati meniti
Pedati jati berhenti menanti pengganti
Hati mesti mengerti
Seperti peti mati
Cemeti pasti berarti.

#Puisi_Sasaka_Abu

***

(10)

Sedihku..

Langkahku terlalu kelu
pilu enggan berlalu

sembilu masa lalu membenalu
slalu tiada berhulu

12:35

?#?puisi_sasaka_panggeran?
Kehidupan Tanpa Batas

Puisi Sa-Saka ( Sajak Satu Kata )

Dhedi R Ghazali | Wednesday, February 19, 2014 | 0 komentar
Puisi Sa-Saka ( Sajak Satu Kata )
Sudah beberapa bulan ini saya bergabung dalam salah satu group Facebook, group tersebut adalah Puisi Sa-Saka ( Sajak Satu Kata ). Pada awalnya saya bingung dengan puisi yang disajikan dalam group ini. Pertamamembaca puisi Sa-Saka rasanya aneh sekali. Namun lambat laun setelah saya pahami dan cermati apa itu Sa-Saka akhirnya saya kecanduan juga dengan jenis puisi baru ini. Meskipun Puisi Sa-Saka belum dikenal banyak orang, namun menurut saya jenis Puisi ini sangat menarik untuk dipelajari. Selain keindahan kata-kata didalamnya, kita juga akan belajar merangkai kata yang berima sama. Tentunya ini sangat menantang dan layak untuk kita mencobanya. Bagi yang berminat silahkan saja bergabung dalam Group Facebook Puisi Sa-saka Disini saya sediakan Linknya : Link Group FB Puisi Sasaka. Memang Goup ini saat ini baru beranggotakan 176 Anggota. Tapi saya yakin dalam beberapa waktu mendatang Sa-Saka akan menjadi salah satu jenis Puisi yang akan banyak dikenal orang. Inilah beberapa hal yang harus kita mengerti tentang Sa-Saka :

Sa-Saka merupakan singkatan dari Sajak Satu kata, ini merupakan ide pengembangan puisi terbaru oleh Indra Intisa (PianoPutih). Sa-saka (Sajak-Satu kata) adalah Puisi yang menekankan kekuatan pada rima/persajakan (bunyi) disetiap larik dan kata. Dalam perkembangannya Sa-saka banyak diberi masukan dari beberapa kawan-kawan penyair sehingga terciptalah Sa-Saka yang lebih baik lagi. Puisi ini disebut sajak karena penyajiannya dilakukan dalam baris-baris yang teratur dan terikat, serta sangat mementingkan keselarasan Bunyi bahasa, dan kesepadanan bunyi. Aturan penulisan Sasaka adalah setiap kata harus mempunyai kalimat, larik atau kosakata yang berima sama (a,a,a,a) ,baik kata,kalimat atau larik sebelumnya maupun sesudahnya. Dikatakan satu kata karena dalam setiap larik hanya boleh menyisipkan satu kata yang tidak mempunyai rima yang sama.

Sa-Saka terdiri dari dua kata yang digabungkan, yaitu sa dan saka, Sa artinya Sajak dan Saka adalah satu kata. Dalam Bahasa Sanskerta nama saka diberikan kepada anak laki-laki yang artinya dahan. Sedangkan dalam nama islami, nama saka diberikan untuk anak perempuan yang artinya bersinar dan bercahaya. Jadi Sa-saka bisa diartikan pada sebuah Puisi yang bersajak yang mempunyai banyak dahan aturan untuk membentuk banyak daun-daun sehingga puisi tersebut menjadi rimbun dan kuat, dan puisi tersebut akan menjadi indah karena mempunyai rima yang baik sehingga kelihatan bersinar dan bercahaya.

Sa-Saka merupakan singkatan dari Sajak Satu kata, ini merupakan ide pengembangan puisi terbaru oleh Indra Intisa (PianoPutih). Sa-saka (Sajak-Satu kata) adalah Puisi yang menekankan kekuatan pada rima/persajakan (bunyi) disetiap larik dan kata. Dalam perkembangannya Sa-saka banyak diberi masukan dari beberapa kawan-kawan penyair sehingga terciptalah Sa-Saka yang lebih baik lagi. Puisi ini disebut sajak karena penyajiannya dilakukan dalam baris-baris yang teratur dan terikat, serta sangat mementingkan keselarasan Bunyi bahasa, dan kesepadanan bunyi. Aturan penulisan Sasaka adalah setiap kata harus mempunyai kalimat, larik atau kosakata yang berima sama (a,a,a,a) ,baik kata,kalimat atau larik sebelumnya maupun sesudahnya. Dikatakan satu kata karena dalam setiap larik hanya boleh menyisipkan satu kata yang tidak mempunyai rima yang sama.

Sa-saka bertujuan untuk membuat puisi dengan model-model tertentu yang sesuai dengan aturan Sa-saka, yaitu :
1. Puisi yang indah dilihat 
2. Puisi yang enak dibaca
3. Puisi yang enak didengar 
4. Tapi tetap memperhatikan makna dan tujuan dari isi Sa-saka tersebut

Apakah Sa-saka termasuk hal baru dalam puisi? sebenarnya tidak, Sasaka merupakan pengembangan dari aturan-aturan yang ada dalam puisi, contoh : didalam Puisi lama atau puisi baru juga ada pengaturan sajak yang berima (bunyi) yang sama, hanya saja pengaturan setiap kata dan larik tidak seketat Sa-saka.

Dengan menulis Sa-saka secara tidak lansung akan melatih kita untuk menyeimbangkan antara Otak kanan dan Otak kiri. Otak kiri digunakan untuk mencari kata-kata berima sama,larik yang sama,memikirkan keseluruhan isi yang menyesuaikan rumus dan aturan. Sedangkan otak kanan bertugas untuk menyiapkan ide dan imajinasi. Semoga dengan Sa-saka kita bisa merubah pandangan orang-orang terhadapat Puisi, Karena untuk membuat Sa-saka tidak dibutuhkan imajinasi yang tinggi saja, tapi juga dibutuhkan perhitungan dan ketelitian yang hebat juga.

Mungkin kita sempat berfikir Sa-saka hanya akan membuat puisi dengan kata atau larik yang berima indah saja, tapi dari segi isi tidak bermakna sama sekali, seperti tong kosong nyaring bunyinya. Perlu diketahui, Sa-saka memang mengatur hal-hal menyangkut persajakan, rima dan bunyi saja, hanya saja Sebuah Sa-saka yang baik adalah Sa-saka yang bisa membuat isinya menjadi lebih baik juga. Makanya kita perlu menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri.




Aturan Dalam Menuliskan Sa-Saka

1. Sa-saka harus mempunyai judul

2. Sa-saka harus mempunyai kata yang berima sama
   Contoh : Aj(ak) an(ak) berbij(ak)
  
3. Sa-saka harus mempunyai larik berima sama
   Contoh :
   Ajak anak berbij(ak)
   Mengajak bijak sejak beranj(ak)

4. Sa-saka harus mempunyai kata dan larik berima sama
   Contoh :
   Aj(ak) an(ak) berbij(ak)
   Menaj(ak) bij(ak) sej(ak) beranj(ak)

5. Sa-saka wajib memiliki kata berima sama minimal dua buah hurup terakhir dalam setiap larik
   Contoh   
   Benar    : Berkata terkata-ka(ta)
                  Kita bertah(ta)

   Salah    : Berkata terkata-ka(ta)
                 Kita bersahaj(a)

   Terkecuali kata berakhiran (ng) wajib tiga hurup, contoh :
   Benar    : Top(eng), kor(eng)
   Salah     :  Tope(ng), kenta(ng)

6. Sa-saka harus mempunyai kata minimal dua buah dalam setiap larik
   Contoh :
   (1)   (2)
   Ajak anak

7. Sa-saka harus mempunyai larik minimal dua buah
    Contoh :
    Ajak anak berbijak
    Mengajak bijak sejak beranjak

    Dibolehkan :

   a. Jumlah kata dalam sebuah larik boleh lebih dari dua kata (tiga,empat,dst)
       Contoh :
      (1)  (2)     (3)
     Ajak anak berbijak

   b. Jumlah larik boleh lebih dari dua larik (tiga,empat, dst)
       Contoh : 
       Ajak anak berbijak
       Mengajak bijak sejak beranjak
       Ahlak mulia mananjak

   c. Jumlah kata yang tak berima boleh dimasukkan kedalam larik maksimal satu buah kata saja
      Contoh : (Buruk) laku terpaku
      Dengan syarat, didalam larik tersebut sudah terpenuhi kata berima sama minimal dua buah kata

   d. Kata yang tak berima hanya boleh ditempatkan diawal atau ditengah larik
       Contoh :
       di awal larik    : Rasa na(si) ba(si)
       di tengah larik : Na(si) rasa ba(si)
  
      Tidak boleh diletakkan diakhir larik
      Contoh            : Na(si) ba(si) terasa

  e. Kata yang berima sama di satu hurup terakhir hanya boleh ditempatkan di awal atau ditengah larik
      Contoh
      di awal            : Ras(a) cin(ta) ki(ta)
                              Bertah(ta), terka(ta)

      di tengah larik    : Tera(sa) cint(a) bia(sa)
                                 Asa-a(sa) terpak(sa)

       Tidak boleh diletakkan diakhir larik
       Contoh :               
       Bertah(ta) terkata-ka(ta)
       Cin(ta) ki(ta) teras(a)

       Terkecuali kata berakhiran (ng) wajib tiga hurup, contoh :
       Benar :Top(eng), kor(eng)
       Salah :Tope(ng), kenta(ng)

  f. Jika Sa-saka telah memenuhi telah terbentuk dua larik, maka dibolehkan larik sebelumnya atau berikutnya terdiri dari satu buah kata saja, tetapi tetap menggunakan rima yang sama.

     Contoh :

     PENYAMUN                           

     Aku                                                             
     Buruk laku terpaku               
     Isi saku berbuku-buku         

     Atau

     Buruk laku terpaku               
     Isi saku berbuku-buku         
     Aku
                                    
  g. Jika Sa-saka ada menggunakan kata atau kalimat yang asing, terdengar baru, atau bahasa lain maka   buatkan catatan kaki/keterangan dibawah puisi tersebut. 
 
      Contoh :

      NASEHAT

      Ajak anak berbijak
      Mengajak bijak sejak beranjak
      Ahlak mulia mananjak
      Ajak anak menginjak
      Melonjak onar merajak
      Arak-arak disangka arzak

      Indra PianoPutih
      27 Januari 2014

      ***
     Nota :
     Arzak = permata yg indah warnanya
     Onar =
    (1) huru-hara; gempar: ulahnya menimbulkan
    (2) keributan; kegaduhan: anak nakal itu sering membuat gaduh,ribut
    (3) akal busuk; tipu muslihat: pedagang sering melakukan -- thd pembeli
    Arak = minuman keras, biasanya dibuat dr beras yg difermentasikan
    Merajak = tumbuh subur

Itulah beberapa hal yang bisa saya sampaikan tentang Sa-Saka. Jika Anda berminat untuk belajar tentang Sa-Saka silahkan bergabung di Group FB Puisi Sa-Saka. Didalamnya akan terdapat banyak pengalaman tentang Sa-Saka, bisa saling bertukar ide juga bisa saling membantu dalam memahami apa itu Sa-Saka. Saya yakin jika Anda telah mencobanya, maka lama-lama Anda akan tertantang dan mulai menyukai serta terinspirasi dengan puisi jenis ini.


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Kehidupan Tanpa Batas

Bencana Adalah Peringatan-Nya

Dhedi R Ghazali | Saturday, February 15, 2014 | 0 komentar
Bencana Adalah Peringatan-Nya


“Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS. Al Qhashash, 28 : 59)

“Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Hud : 117)


Itulah dua ayat Al-Qur'an yang meggambarkan keadaan Indonesia saat ini. Saat ini begitu banyak bencana yang sedang terjadi dinegara tercinta kita. Mulai dari banjir, gempa dan gunung meletus berderetan datang saling menggantikan. Tumpahan air mata membanjiri, nyawa-nyawa hilang, harta benda, sanak saudara juga tak luput dari bencana. Saat bencana datang tak hanya orang miskin yang terkena dampaknya, orang kaya pun juga terkena dampaknya. Tidak hanya orang pinggiran, orang penuh jabatan pun juga terkena.

Itulah bencana, sebuah kata yang sungguh membuat orang menjadi berlumuran luka dan duka. Sayangnya manusia utamanya di negara kita belum juga sadar dan paham bahwa bencana adalah peringatan dari Allah atas segala kezaliman dan perbuatan menyimpang agama yang sering dilakukan oleh rakyat Indonesia. Seolah tidak mau berkaca justru setiap tahun tindak kezaliman semakin meningkat pesat. Mulai dari kasus korupsi, pornografi, pornoaksi dan lain sebagainya semakin menggila di negara tercinta kita ini. Pantas saja jika Allah SWT memberikan peringatan kepada kita lewat bencana yang saat ini silih berganti datang. Perlu kita ketahui, memang tidak semua orang di Negara ini melakukan kezaliman bahkan tak sedikit juga yang melakukan kebaikan. Akan tetapi meskipun demikian, yang terkena dampak dari bencana adalah tidak hanya orang yang berbuat kezaliman, orang yang berbuat kebaikan pun akan terkena dampak dari sebuah bencana. Banyak ayat yang menyajikan bahwa sesungguhnya bencana adalah bentuk peringatan dari Allah SWT atas perbuatan manusia di dunia ini. Beberapa ayat tersebut adalah :

“Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS. Al Qhashash, 28 : 59)

“Dan Tuhanmu sekali-kali tidak akan membinasakan negeri-negeri secara zalim, sedang penduduknya orang-orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Hud : 117) 

Dari ayat diatas sudahlah jelas bahwa bencana yang ada adalah bentuk peringatan atas segala kezaliman yang diperbuat oleh manusia. Bencana Ini Adalah Peringatan. Maka sudah sepantasnya kita mengambil hikmah dari setiap bencana yang ada. Kita ingat-ingat kembali kezaliman dan kesalahan apa saja yang telah kita perbuat hingga Allah memberikan peringatan lewat bencana. Percayalah Allah SWT itu Maha Pengasih lagi Maha Penyayang maka Allah tidak akan pernah menzalimi manusia. Dengan menurunkan bencana bukan berarti Allah telah menzalimi kita, justru kitalah yang menzalimi Allah SWT dengan mengabaikan peringatan, larangan dan kewajiban yang telah Allah berikan kepada kita.

Oleh karena itu, marilah kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Allah selalu mengawasi setiap jejak langkah kita, setiap detik dalam kehidupan kita dan setiap helaian nafas kita. Segala yang kita perbuat akan dengan mudah diketahui oleh Allah SWT. Sadarlah bahwa hidup didunia ini hanyalah sementara, bahagia didalamnya pun hanyalah kebahagiaan fana yang tak akan abadi untuk selamanya. Masih ada bahagia nyata dan kekal di Surga-Nya. Lantas apakah kita akan menyia-nyiakan waktu kita didunia untuk menjauhi surga dan mendekati neraka ??? Silahkan renungkan. " INGAT !! BENCANA INI ADALAH PERINGATAN !! "



Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Kehidupan Tanpa Batas

Kumpulan Puisi Tentang Bencana

Dhedi R Ghazali | Saturday, February 15, 2014 | 0 komentar
Kumpulan Puisi Tentang Bencana
Kali ini saya akan menyajikan beberapa puisi dengan tema bencana. Mengingat beberapa bulan diawal tahun 2014 ini begitu banyak bencana yang terjadi di Indonesia. Mulai banjir, gempa bumi dan yang terakhir adalah gunung kelud yang meletus. Dari fakta ini rasanya saya tertarik untuk membuat beberapa puisi pendek bertemakan bencana. Semoga puisi ini dapat memberikan manfaat pada pembaca semua. Aamiin


B E N C A N A

Bencana menyapa
Dengan senyum penuh luka
Memeluk erat keramahan alam
Tak dilepas hingga alam penuh keheningan

Mungkin Tuhan tak suka
Pada segala tata cara manusia
Tata cara berbicara !!
Tata cara berbusana !!
Tata cara bercengkrama !!
Dan segala tata cara tak selaras agama !!

Tapi entah . . .
Ada saja mulut membantah
Dengan mudah berucap lidah
Manusia tak "SALAH"


KELUD " NJEBLUK "

Gunung kelud berubah wajah
Marah-marah menjulur lidah merah
Berpijar-pijar terlihat sangar
Jiwa-jiwa terbakar dituntut bersabar

Tuhan tunjukkan kekuatan
Lewat kelud yang tengah bosan
Melihat insan-insan dalam comberan kemaksiatan
Tak segera mengingat Tuhan



LINDU ( GEMPA )

Berkabar siar bumi bergetar
Merindu pada lindu pembawa pilu

Tuhan berpesan
Pesan Rindu lewat Lindu
Kepada aku, kamu juga kalian
Agar kita tersadar
Bumi bergetar iman dipertanyakan . .

Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Kehidupan Tanpa Batas

Kumpulan Puisi Kesucian Cinta

Dhedi R Ghazali | Thursday, February 13, 2014 | 0 komentar
Kumpulan Puisi Kesucian Cinta
Rasanya sudah lama saya tidak membuat postingan tentang puisi cinta. Sebentar lagi akan datang yang namanya " HARI KASIH SAYANG " atau yang lebih kerennya " Valentine Day's ". Dan pastinya akan bermunculan puisi-puisi romantis bertemakan cinta. Namun kali ini saya akan menuliskan sebuah puisi yang sedikit berbeda. Kenapa saya katakan berbeda ? Karena saat banyak orang yang menulis tentang keromantisan dihari kasih sayang ini justru saya akan menuliskan puisi yang menggambarkan pudarnya kesucian cinta pada zaman globalisali ini. Hal ini dikarenakan saat ini banyak sekali aksi pornografi, pornoaksi, pemerkosaan bahkan video mesum, dan sebagian besar diatasnamakan cinta dan saling suka. Oleh karena saya prihatin dengan hal tersebut maka saat ini saya mencoba menulis sebuah puisi yang akan menggambarkan pudarnya makna dan kesucian kata cinta. Semoga puisi ini bisa bermanfaat

#1
Cinta . .
Laksana bara kala remaja
Yang berkobar ..
Membakar asmara timbulkan rasa

Cinta . .
Antara kesucian dan noda
Antara pahala dan dosa
Tinggal bagaimana kita menjaganya

Akh sayangnya . .
Cinta hanya sekedar kata nafsu belaka
Segala diatasnamakan karenanya
Hingga tak jarang noda dan dosa yang ada

Lalu . .
Apa itu Cinta ??
Cinta tak sekedar kata
Cinta tak sekedar memberi untaian bunga
Cinta tak sekedar memberikan janji belaka
Cinta tak sekedar pemuas nafsu saja

Jika kau cinta pada manusia lainnya
Maka segeralah arungi mahligai dengannya
Ucapkan janji suci atas nama-Nya
Agar cinta tak terjamah oleh noda dan dosa

        #2
        Kala senja menggoda dunia
        Disebagian bumi yang berputar
        Ada hati insan yang terlena
        Oleh api asmara yang berkobar
       
        Menggeliat hidupnya tak karuan
        Hingga apa saja dia serahkan
        Termasuk kesucian yang sekejap hilang
        Hanya dalam satu malam atas nama perasaan
       
        Ya . .
        Hanya atas nama perasaan kesucian dikorbankan
        Perasaan cinta yang bergelora
        Tak terbendung juga hingga noda tercipta
       
        Arrgghhhh . .
        Sudahlah . .
        Mati dia dalam kesalahan artian perasaan
        Membusuk dalam comberan penyesalan
        Dan pada akhirnya . .
        Masa depan hancur terurai berantakan, tak karuan!!!

#3
Memanja kata cinta
Dalam menduanya hati manusia
Layaknya sejarah Adam dan Hawa
Yang terlena dalam sucinya cinta


Namun sayang . .
Sejarah berubah kala waktu mendesah
Dalam gairah dekapan pornoaksi dan pornografi
Cinta tak lagi suci . .
Telah terkontaminasi globalisasi

Cinta menjerit menelan perubahan pahit
Dikala perubahan zaman menelan mentah-mentah kesuciannya
Hingga makna cinta tak lagi seindah sejarah Adam dan Hawa

Kala cinta berbicara . .
Segala bisa direnggut olehnya
Harta, tahta, orang tua bahkan selaput dara

Cinta tak lagi selaras dengan agama
Berjalan sendiri tak saling mengikuti
Hingga kini . .
Cinta tak lagi suci



Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)






       
       

       
       
       
Kehidupan Tanpa Batas

Fenomena Valentine Day

Dhedi R Ghazali | Tuesday, February 11, 2014 | 2komentar
Fenomena Valentine Day
Bulan ini adalah bulan februari. Apa yang spesial dengan bulan februari??. Ya, yang spesial pada bulan ini adalah adanya valentine’s day atau yang akrab disebut sebagai hari kasih sayanng yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Wuihhh keren ya . .Namun bagi saya pribadi hari valentine day itu tidak ada. Setelah saya cari sejarah tentang valentine day, ternyata banyak banget sejarah yang berbeda-beda. Nah ini yang membuat saya bingung sebenarnya velentine day itu apa dan sebenarnya ada tidak hari valentine day itu ??. Saya yakin setiap orang akan berpendapat berbeda-beda satu dengan lainnya terutama kalau sudah disangkut pautkan dengan agama. Dan dalam agama saya ( Islam ) memang tidak dianjurkan bahkan diharamkan untuk meyakini adanya valentine day. Namun dalam artikel ini bukan itu yang ingin saya bahas. Akan tetapi yang ingin saya bahas disini adalah tentang fenomena kenyataan yang ada dalam hari tersebut.

Valentine day ajang sex bebas !!!

Fenomena yang sering muncul saat hari kasih sayang adalah naiknya omset penjualan kondom sampai berkali-kali lipat. Baca berita ini (http://news.okezone.com/read/2013/02/13/340/761419/waduh-jelang-valentine-penjualan-kondom-naik-500-persen ). Inilah yang perlu diwaspadai oleh kita khususnya para muda-mudi yang belum menikah. Jangan sampai kita ikut terjerumus didalamnya. Saat ini banyak orang yang ingin membuktikan rasa kasih sayang ataupun rasa cintanya kepada seseorang dengan jalan berhubungan intim layaknya suami istri. Tak jarang juga yang meminta keperawanan pasanganya sebagai pembuktian cintanya. Nah hlo, bagi para wanita diluar sana, apa rela kesucian kalian dikorbankan hanya demi kata “ CINTA “ ?. Sungguh sebuah ironi ketika cinta itu dijadikan alasan untuk mendapatkan kesenangan sementara saja. Kesalahpahaman tentang arti CINTA membuat banyak remaja yang terjerumus dalam sex bebas. Dan celakanya lagi, hari valentine day sering dijadikan ajang untuk melakukan semua itu. 

Apakah Pembuktian Cinta cukup dengan cokelat, bunga, ciuman, pelukan atau bahkan berhubungan badan ??

Saya sungguh prihatin dengan keadaan remaja indonesia saat ini, Gaya pacaran remaja saat ini sungguh mengkhawatirkan dan telah melewati batas. Seolah pembuktian cinta itu hanya sebatas dengan nafsu belaka. Seharusnya kalau memang kita mencintai seseorang maka segeralah melamarnya dan dilanjutkan dengan menikahinya. Itulah yang namanya benar-benar CINTA. Cinta itu tidak hanya sebatas diungkapkan dengan kata-kata saja atau dengan memberikan ucapan, memberikan kado, bunga, cokelat, ciuman, pelukan dan lain sebagainya. Jangan sampai kita salah dalam mengartikan CINTA. Saya sendiri belum benar-benar  tahu apa itu CINTA, tapi yang saya tahu rasanya sangat salah sekali jika CINTA hanya ditukar dengan hal-hal yang telah saya sebutkan diatas. Karena bagi saya CINTA itu hanya bisa dibuktikan dengan MENIKAH, bukan yang lain.

Ya inilah sedikit tulisan dari saya menanggapi Valentine day yang sebentar lagi akan tiba. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Mungkin tulisan ini akan menimbulkan banyak pro dan kontra namun bagi saya itu adalah sebuah kewajaran. Semoga kita selalu mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, Aamiin . .

Baca juga :



Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Kehidupan Tanpa Batas

Tips Belajar Yang Efektif dan Efisien

Dhedi R Ghazali | Sunday, February 09, 2014 | 2komentar
Tips Belajar Yang Efektif dan Efisien

Setiap orang pasti menginginkan untuk menjadi orang yang pintar. Tidak ada cara lain untuk menjadi pintar selain belajar. Belajar adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh orang yang ingin mejadi pintar. Namun adakalanya banyak orang yang sudah mengisi waktunya untuk belajar namun tetap saja nilai-nilai mereka disekolah atau perguruan tinggi masih belum memuaskan. Tentunya hal ini menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika kita sudah berusaha namun tetap saja hasil yang dicapai kurang memuaskan. Berdasar pengalaman dan melihat realita dari teman saya bahkan termasuk adik saya sendiri, saya dapat menyimpulkan bahwa cara belajar mereka tidaklah efektif. Kenapa saya bisa katakan demikian ??? selain karena mereka belajar tanpa jadwal yang jelas, dalam belajar mereka juga hanya asal belajar tanpa memahami apa yang sedang mereka pelajari. Hanya sebatas membaca saja belumlah cukup.

Lewat tulisan ini saya ingin berbagi sedikit tips cara belajar yang efektif dan efisien. Tips ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya sendiri selama ini. Dan bagi saya hasilnya sampai sejauh ini cukup memuaskan. Saya yakin masih banyak tips dari orang lain yang bisa digunakan, namun alangkah bijaknya jika setelah membaca tips dari saya ini selanjutnya mencoba menerapkannya. Berikut ini adalah beberapa tipsnya :

1.    Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Memilih waktu yang tepat untuk belajar sangatlah penting. Jika kita salah memilih waktu belajar yang ada hanyalah hal yang kita pelajari akan susah untuk dicerna. Dan waktu yang tepat untuk belajar adalah :

Jam 19.30 setelah menjalankan shalat isya.

Jam 03.00, bagi yang beragama islam cobalah biasakan untuk shalat malam jam 2.30 setelah itu dilanjut belajar cukup 30 menit atau 1 jam saja. Waktu ini otak masih refresh dan akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Jam 04.30, setelah shalat subuh. Waktu ini juga tepat untuk belajar sebelum melakukan aktifitas berikutnya. Cukup 30 Menit saja.

2.    Buat Jadwal Yang Pasti dan Konsekuen Dengan Jadwal Tersebut

Buatlah jadwal rutin untuk belajar. Menurut saya tidak harus selama 7 hari dalam seminggu kita membuat jadwal belajar. Adakalanya kita perlu refresing. Saya sarankan untuk membuat jadwal belajar 5 hari dalam seminggu dari hari senin sampai jum’at saja. Buatlah jadwal mulai dari waktu dan materi apa yang akan dipelajari dalam waktu tersebut. Konsekuenlah dengan jadwal yang telah dibuat. Jika perlu tempel jadwal didepan pintu kamar tidur kita.

3.    Pahami Karakteristik Pelajaran/Mata Kuliah Yang Ingin Dipelajari

Memahami karakteristik materi yang akan kita pelajari adalah hal yang penting. Misalkan kita ingin belajar matematika maka yang harus dilakukan adalah perbanyak mengerjakan soal dan mencari rumus-rumus baru yang mudah untuk kita gunakan. Berbeda jika ingin belajar bahasa Indonesia maka kita harus membaca materi yang ada secara berulang. Karena jarang sekali orang yang bisa memahami dan mengingat dengan hanya 1 kali membaca saja. Setiap mata pelajaran/Mata Kuliah memiliki karakteristik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Maka pahamilah karakteristik tersebut agar dapat belajar dengan efektif.

4.    Carilah Point-Point Penting Pelajaran/Mata Kuliah

Saat belajar tidak perlu semuanya kita pelajari. Karena terkadang banyak buku atau modul yang isinya banyak namun intinya hanya sedikit. Cobalah untuk belajar dengan cara mengambil point-point yang sekiranya penting. Setelah menemukannya maka pelajarilah point-point tersebut secara berulang sampai benar-benar paham. Jika kita terbiasa melakukannya maka semakin lama kita akan terbiasa dan dapat dengan mudah menemukan point-point penting tersebut. Contoh point-point penting adalah hal yang sering disampaikan oleh guru/dosen saat memberikan materi.

5.    Jangan Terpaku Pada Modul Yang Diberikan Oleh Guru/Dosen

Ilmu itu bisa didapat dengan banyak cara dan tidak hanya dari modul atau buku yang diberikan oleh guru/dosen. Kita harus mencari referensi lain seperti dari internet ataupun tukar pikiran dengan orang lain. Jika kita hanya terpaku pada modul/buku yang diberikan oleh dosen/guru maka kita tidak akan mendapatkan ilmu baru. Karena saya yakin materi yang disampaikan oleh guru/dosen saat mengajar sebagian besar berasal dari modul mereka.

6.    Membuat Kelompok Belajar

Ada kalanya kita aka bosan jika hanya belajar sendirian. Selain itu saya yakin kita akan merasakan saat kita tidak bisa mengerjakan sesuatu seperti megerjakan tugas ataupun PR sendirian. Maka ada baiknya kita mempunyai kelompok belajar. Mungkin terkesan seperti anak SD atau SMP, tetapi dengan kelompok belajar kita akan lebih semangat belajar dan bisa bertukar ilmu dengan teman dalam kelompok tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa saya sampaikan dalam postingan saya kali ini. Setiap orang mempunyai sifat dan karakter yang berebeda. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika selama mencoba melakukan tips ini sesuaikanlah dengan karakter dan sifat kita masing-masing. Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah bersedia membaca postingan ini.




Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Kehidupan Tanpa Batas

Indonesiaku Sayang Indonesiaku Malang

Dhedi R Ghazali | Wednesday, February 05, 2014 | 1komentar
Indonesiaku Sayang Indonesiaku Malang Pertiwi merenung
Diatas gunung
Melihat Sang Garuda terbang linglung
Keduanya sama-sama bingung

Ibu pertiwi sedang berduka
Mengais-ngais mencari Pancasila
Yang hilang entah kemana

Sang Garuda terbang
Mengejar undang-undang
Yang hilang diterbangkan Topan

Sedang para petinggi negri sebagian tak peduli
Sebagian lagi mendadak jadi selebriti
Yang lain korupsi

Sebagian Rakyat menjerit ketidakadilan melilit
Sebagian terdiam menahan lapar
Sebagian lagi terbuang ditengah kemiskinan
Yang lain berjuang mencari pekerjaan

Ibu Pertiwi sedang tak berdaya
Sang Garuda tak lagi busung dadanya
Dan mereka berduka
Meratap bersama diatas sana

Yogya, 03 02 2014
Kehidupan Tanpa Batas

Jangan Tunda Pekerjaan Anda

Dhedi R Ghazali | Wednesday, February 05, 2014 | 0 komentar
Jangan Tunda Pekerjaan Anda
Pernahkah Anda menunda-nunda pekerjaan Anda ?. Saya rasa setiap orang pasti pernah melakukan hal tersebut. Saat saya masih tercatat sebagai salah satu mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta, saya sering menunda-nunda tugas-tugas perkuliahan saya. Bahkan saat skripsi pun saya sempat menunda dalam mengerjakannya. Ternyata kebiasaan tersebut sangatlah memberikan efek negatif dalam hidup saya. Selain pekerjaan yang menumpuk, dampak yang menurut saya paling buruk adalah hal tersebut menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan bahkan sampai saat ketika saya mulai bekerja.

Lewat sedikit tulisan dari saya ini, saya ingin mengingatkan pada kita semua agar tidak menunda-nunda pekerjaan. Ketika hal itu terjadi dan telah menjadi kebiasaan dalam diri kita maka saat kita memasuki dunia kerja hal tetsebut akan membuat pekerjaan kita jadi berantakan. Akibatnya prestasi kerja kita pun menjadi tidak memuaskan. Hal ini sempat terjadi pada diri Saya, dan saya tidak ingin hal yang sama terjadi pada orang lain.

Lalu apa yang harus kita lakukan agar hal tersebut tidak terjadi ?. Sebenarnya menunda pekerjaan sangatlah erat hubungannya dengan rasa malas. Bahkan bisa dikatakan bahwa orang yang suka menunda pekerjaan adalah seorang pemalas. Sifat seperti ini terkadang terjadi karena kita merasa bahwa pekerjaan yang ada, mudah untuk dikerjakan dan bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Nah, disinilah kesalahan fatal yang akan membuat kita menjadi terbiasa dengan menunda pekerjaan. Yang harus kita lakukan adalah selalu berfikir bahwa pekerjaan semudah apapun itu haruslah segera dikerjakan dan diselesaikan. Jangan merasa karena pekerjaan itu mudah maka kita menunda pekerjaan tersebut. Sekecil dan semudah apapun suatu pekerjaan jika hanya kita biarkan tidak akan pernah terselesaikan. Dan apabila kita menundanya lantas ada pekerjaan lain yang muncul hingga pada akhirnya bertumpuk maka pekerjaan yang tadinya harusnya mudah dikerjakan akan menjadi sulit dikerjakan dan akan membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan karena kwantitas pekerjaan tersebut bertambah.

Selain itu yang bisa membuat kita terbiasa menunda pekerjaan adalah tidak adanya jadwal serta target yang jelas. Jadwal dan target yang jelas sangatlah penting untuk mengelola waktu kita. Dengan adanya target dan jadwal yang jelas maka kita akan tahu kapan waktunya untuk kita bersantai dan kapan waktunya kita untuk bekerja mencapai target tersebut. Saya sarankan untuk menulis jadwal dan target kita dengan jelas. Karena jika kita tidak menuliskannya dan hanya kita simpan dimemori kita, saya yakin semua itu tidak akan bertahan lama. Dengan adanya jadwal dan target yang jelas Insyaalah kita akan dapat bekerja dengan baik dan teratur.

Yang terakhir yang perlu saya sampaikan  adalah biasakan semua itu dari dini. Jika masih sekolah maka biasakanlah untuk mengerjakan tugas sekolah dengan secepatnya dan jangan menundanya. Jika kita tidak belajar dari sekarang dan menunggu sampai kita bekerja untuk melakukannya maka hal tersebut akan susah untuk dilaksanakan. Oleh karena itu mulailah dari sekarang juga dan jangan ditunda lagi.

Itulah sedikit tulisan dari saya hari ini. Semoga sedikit yang saya beri tersebut bermanfaat buat kita semua. Dan jika artikel ini membantu, bermanfaat dan layak untuk dibaca orang lain, silahkan share artikel ini ke sahabat, keluarga, saudara atau bahkan orang yang belum Anda kenal. Dan jangan lupa tinggalkan  like FB serta komentar dibawah ini. Semoga yang membaca artikel ini selalu diberikan berkah oleh Allah SWT. Aamiin
Kehidupan Tanpa Batas

Kematian Pasti Datang

Dhedi R Ghazali | Sunday, February 02, 2014 | 3komentar
Kematian Pasti Datang
Pernah melihat Film Berjudul " Surat Kecil Untuk Tuhan " ??. Film ini diciptakan berdasarkan kisah nyata seorang gadis yang mengidap penyakit kanker dalam hidupnya. Memang film ini telah lama diputar namun bagi saya banyak sekali hikmah yang bisa saya dapat setelah menonton film ini yang dimana hikmah tersebut samnpai detik ini masih melekat dalam diri saya.Fim ini adalah sebuah kisah nyata yang terjadi pada seorang anak bernama Gitta Sassa Wanda Cantika. Gadis cilik berusia 13 tahun yang divonis mengalami kanker ganas yang nyaris membuat wajahnya menjadi tampak seperti monster. Dokter memvonis Gitta akan mati dalam waktu 5 hari bila tidak melakukan operasi. Apa yang ada dipikiran kita ketika kita telah divonis dalam waktu 5 hari kedepan ajal kita akan menjemput ? Dimana hidup kita hanya disibukkan dengan mencari tahu bagaimana cara kita agar bisa hidup lebih lama lagi. Tentunya jika kita adalah orang yang "cemen" dan tidak tegar pasti mengalami frustasi yang amat hebat dan bisa jadi akan mengakhiri hidup kita dnegan jalan bunuh diri. Banyak kasus yang terjadi ketika dia mempunyai penyakit yang ganas terlebih tidak ada biaya untuk mengobatinya akhirnya memilih bunuh diri sebagai jalan terakhir.

Namun ternyata tidak demikian dengan Gitta. Meskipun dia mengetahui hidupnya tidak lama lagi, dia berusaha untuk menjalani hidupnya dengan penuh semangat. Setiap detik dihantui kematian tidak membuatnya untuk hanya berdiam menunggu kematian itu datang. Dan dia menulis surat terakhir yang dia ingin sampaikan kepada Tuhan, berikut ini adalah petikan surat tersebut :

ANDAI AKU BISA KEMBALI
AKU INGIN TIDAK ADA TANGISAN
ANDAI AKu BISA KEMBALI
AKU TIDAK INGIN ADA LAGI HAL YANG SAMA TERJADI PADAKU
TERJADI PADA SIAPAPUN

TUHAN ANDAI AKU BISA MEMOHON
JANGAN ADA TANGIS DAN DUKA DI DUNIA LAGI
TUHAN ANDAI Aku BISA MENULIS SURAT UNTUKMU
JANGAN PISAHKAN Aku DARI SAHABAT DAN ORANG YANG Aku SAYANGIN.

AKU INGIN MENJADI DEWASA SEPERTI BURUNG YANG BISA TERBANG KETIKA IA DEWASA
AKU INGIN AYAH MELIHAT AKU KETIKA AKU MEMILIKI LAGI KEINDAHAN GERAIAN RAMBUT..

TUHAN SURAT KECILKU INI..
ADALAH PERMINTAAN TERAKHIKU ANDAI
AKU BISA KEMBALI..

Itulah surat yang dituliskan oleh Gitta. Surat itu mewakili betapa perasaannya saat itu. Dia tidak ingin karena penyakitnya itu orang-orang terdekatnya merasa bersedih dan meneteskan air mata atas apa yang sedang dia alami. Terlebih lagi untuk kedua orang tuanya yang selalu berusaha demi kesembuhannya. Dan dia ingin kembali seperti orang normal yang diberi waktu lebih panjang untuk menjalani hidupnya. 

Itulah sedikit cerita tentang Gitta. Apa yang bisa diambil dari kisah tersebut. Saya ingin bertanya kepada kita semua, Apa yang akan kita lakukan jika kita tahu waktu kita didunia ini tinggalah dalam hitungan hari ???. Saya yakin ketakutan yang luar biasa hebat akan ada dalam diri kita. Namun yang ingin saya sampaikan adalah bahwa kematian adalah kehendak Allah. Dari cerita ini saya dapat mengambi hikmah bahwa kematian tidak memandang berapa usia kita, kapan kita akan mengalaminya dan dimana kita akan mengalaminya. Semua adalah kehendak Allah. Meski kita dalam keadaan sehat namun jika Allah berkehendak bisa saja kita mengalami kematian dengan jalan kecelakaan. Sudah banyak contoh yang bisa kita jadikan renungan. Begitu juga sebaliknya meskipun dokter memvonis kita mengidap penyakit yang begitu ganas jika Allah berkehendak maka bisa saja kita sembuh total saat itu juga dan umur kita bertambah panjang.

Sekali lagi yang ingin saya tegaskan, mati kita adalah Allah yang menentukan. Setiap detik yang kita lalui, setiap nafas yang masih kita hembus adalah pemeberian Allah yang luar biasa besar. Lantas, apakah kita pantas menyia-nyiakan pemberian Allah tersebut dengan hal-hal yang tidak berguna dan menimbulkan dosa ??? Itulah hikmah yang bisa saya ambil dari film " Surat Kecil Untuk Tuhan ", semoga sedikit tulisan dari saya ini bisa bermanfaat. Aamiin . .

Baca juga : Sudah Cukupkah ??, Puisi Tentang Kematian

Jika menurut Anda postingan ini bemanfaat dan  pantas untuk disebarkan dan dibaca oleh banyak orang, silahkan share keteman, sahabat, saudara atau bahkan orang yang tidak Anda kenal dan jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar dan like fb. Terimkasih, semoga bermanfaat.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
Kehidupan Tanpa Batas

Kuburmu, Kamar Terakhirmu

Dhedi R Ghazali | Saturday, February 01, 2014 | 0 komentar
Kuburmu, Kamar Terakhirmu

Ini adalah sebuah puisi yang akan memberi gambaran kepada kita bahwa siapapun kita, sekaya apapun kita dan semuanya tetap mempunyai kamar terakhir yang sama yaitu " Kuburan ". Semua manusia akan menemui ajal yang akan membawa kita ketempat bersemayam yang sama. Semoga puisi ini dapat menyadarkan kita bahwa kamar terakhir kita semua adalah sama saja dan tak ada beda.

Membasah gundukan tanah merah
Bertabur bunga wewangian
Tanda perpisahan

Melapuk nisan bernama
Bertanggal lahir
Dan tanggal hirup nafas terakhir
Yang jadi tanda untuk anak cucunya

Ya . . Kuburmu itu rumah terakhirmu
Kafan jadi selimut tidurmu
Ulat jadi teman setiamu
Yang kelak akan memakan jasadmu

Kala itu lalu kau bisa apa???
Tidak bisa apa-apa
Mana harta dan tahta???
Sanak saudara???
Tidak ada . .

Yang ada hanya penyesalan
Atas apa yang pernah dan telah kita lakukan

Ingat . . .
Kamar terakhir kita semua sama
Tak ada beda
Antara aku kau dan dia
Suatu ketika disaat kita kita tinggalkan dunia

Yogya, 28 Januari 2014

Jika menurut kalian, puisi ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar serta like fans page kehidupan tanpa batas.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Kehidupan Tanpa Batas
 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger