Home » , » Pentingnya Berfikir Jernih

Pentingnya Berfikir Jernih

Dhedi R Ghazali | Sunday, January 12, 2014 | 0 komentar
Pentingnya Berfikir Jernih
Suatu ketika ada 3 orang pemuda yang sedang kelaparan ditengah hutan. Merekapun melihat sebuah pohon pisang yang buahnya sudah matang. Tidak mau mencuri, mereka akhirnya mencari si pemilik pohon. Namun setelah berkeliling mereka tidak dapat menemukan pemilik pohon tersebut.

Singkat cerita 3 pemuda lalu mengambil pisang tersebut karena sudah begitu kelaparan. Tanpa disangka datanglah pemilik pohon tersebut. Melihat 3 pemuda sedang memakan pisang dari kebunnya, pemilik itu lalu meneriaki mereka sebagai pencuri. Celakanya lagi, si pemilik pohon membawa serta 3 ekor anjing yang begitu besar. Tanpa berfikir panjang pemilik kebun lalu melepaskan anjingnya untuk mengejar 3 pemuda tersebut. Mereka pun lari terbirit-birit menghindari anjing tersebut. Sampai pada akhirnya mereka menemukan jalan buntu, didepannya ada jurang yang dibawahnya mengalir sungai yang begitu deras. Anjing-anjing semakin mendekat, 3 pemuda itupun semakin ketakutan. 

Tanpa berfikir panjang salah satu pemuda langsung terjun kejurang. Karena airnya dalam dan mengalir deras, ditambah lagi dia tidak bisa berenang,  pemuda itupun hanyut.

Melihat perbuatan temannya pemuda satunya semakin ketakutan, karena dia juga tidak bisa berenang lantas dia memutuskan untuk lari menyongsong anjing-anjing itu. Tentu saja pemuda tersebut terus dikeroyok oleh anjing-anjing tersebut hingga tak berdaya.

Melihat kedua orang temannya, pemuda yang terakhir begitu terpukul karena merasa kedua temannya memilih keputusan yang konyol. Pemuda itupun lalu berfikir dengan jernih, akhirnya dia mendapatkan jalan keluar. Dia memilih menghampiri pemilik kebun dan menjelaskan semuanya dari awal. Mulanya pemuda itu takut terhadap anjing-anjing tersebut, namun dia mempunyai cara untuk mengalihkan perhatian anjing-anjing tersebut dengan melemparkan sebuah kayu jauh-jauh agar dikejar oleh anjing-anjing tersebut. Setelah anjing-anjing tersebut pergi, pemuda itu lantas menghampiri pemilik kebun dan menceritakan apa yang sebenarnya terjasi. Pemilik kebun pun memaafkan pemuda tersebut, bahkan dia mengajak pemuda itu makan bersama dirumahnya.

Apa hikmah yang bisa kita dapatkan dari cerita diatas ???. Hikmah dari cerita diatas adalah dalam menghadapi setiap kesulitan, hendakntya kita mampu untuk berfikir jernih sehingga tidak melakukan hal yang konyol seperti  dua orang pemuda yang memilih terjun ke jurang dan yang satu memilih untuk menghadapi anjing pemilik pohon pisang. Tentunya kedua pemuda itu tidak mampu berfikir jernih dan pada akhirnya memilih jalan yang konyol. Berbeda dengan pemuda yang terakhir, melihat kedua temannya memilih jalan keluar yang konyol, lantas dia berfikir tenang. Hingga dia mendapatkan jawaban, dia merasa sudah mencoba mencari pemilik kebuin tapi tidak ditemukan. Dalam benaknya tidak ada niatan untuk mencuri, karena merasa tidak ada niat untuk mencuri pemuda tersebut memiliki keberanian untuk menjelaskan semua pada pemilik pohon tersebut. Ternyata tidak hanya keberanian yang pemuda itu miliki, karena berfikir jernih dia juga mampu mengalihkan perhatian anjing-anjing tersebut dengan melemparkan sebatang kayu yang akhirnya dikejar oleh anjing-anjing tersebut. Disaat itu juga pemuda itu lantas menghampiri pemilik kebun dan menceritakan semua. Dari berfikir jernih dan ketenangan serta keberanian dan keyakinan untuk menjelaskan yang sebenarnya, akhirnya pemuda itu menjadi satu-satuny pemuda yang selamat. Begitu besar manfaat dari berfikir jernih saat kita dihimpit oleh kesulitan. Memang sulit agar mampu berfikir jernih diwaktu tersebut, namun sulit bukan berarti tidak bisa. Dari sekarang marilah kita mencoba untuk senantiasa berfikir jernih disetiap tindakan yang kita lakukan.

Baca cerita menarik lainnya disini !!!

===========================================================================Jika Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali


Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger