Home » , » Apa Itu Agama Islam ?

Apa Itu Agama Islam ?

Dhedi R Ghazali | Monday, January 20, 2014 | 0 komentar
Apa itu agama islam. Islam merupakan sebuah agama yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah, manusia dengan dirinya sendiri dan manusia denngan sesama manusia. Jadi bisa dikatakan bahwa islam bukanlah hanya sebatas agama yang mengajarkan ajaran ritual saja seperti shalat, zakat, puasa dan ibadah ritual lainnya. NAmun islam sejatinya mengatur semua kehidupan manusia dalam segala aspek.

Islam pula yang merupakan agama yang diridhoi oleh Allah SWT sebagaimana firman Allah dalam Surat Ali Imron 19 :

Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam.

Juga dalam surat Ali Imron ayat 85 :

Barangsiapa mencari agama selain agama islam, Maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi
.

Maka tidak seharusnya kita meragukan agama kita yang jelas-jelas diterangkan di Al Qur’an bahwa hanya islamlah yang akan diterima oleh Allah SWT. Sepantasnya kita patut bangga menjadi umat islam.. Namun tidak sepantasnya pula kita  memeluk agama islam hanya sebatas meyakini saja tanpa dibarengi dengan mempelajari dan mengamalkan semua ajaran-ajaran agama islam. Kita harus yakin bahwa agam islam adalah agama yang mampu menjawab segala problematika umat yang selama ini  terlihat semakin memprihatinkan. Mulai dari problem akhlak (seperti zina, minum miras dll), problem politik, ekonomi, hukum dan lain sebagainya. Terlebih sisitim yang ada saat ini nyata-nyata telah gagal menyelesaikan segala problematika yang ada bahkan bisa dikatakan justru menambah problematika yang ada.

Lalu bagaimana islam mampu menjawab problematika umat ?

Terlebih dahulu kita harus memahami ruang lingkup islam. Apa itu ruang lingkup islam ? Sebagaimana telah diterangkan sebelumnya bahwa islam diturunkan Allah SWT untuk mengatur 3 hubungan.  hubungan inilah yang menjadi ruang lingkup islam. 3 hubungan tersebut adalah :

1.    Hubungan manusia dengan Allah SWT. Yaitu menyangkut akidah yang sebagian besar ada dalam rukun islam, Shalat, puasa, zakat, haji, jihad dan ibadah lainnya.
2.    Hubungan manusia dengan diri sendiri. Yaitu menyangkut tentang akhlak manusia. Misal cara berpakaian, hukum minuman dan makanan, hukum akhlak (jujur,amanahdll).
3.    Hubungan manusia dengan sesame. Yaitu menyangkut muamalah. Misal hukum politik, hukum ekonomi, hukum pemerintahan, hukum social dll.

Sejauh ini umat belum memahami 3 ruang lingkup tersebut. Umat hanya sekedar terpaku pada 2 ruang lingkup saja yaitu akidah dan akhlak. Hal ini dapat dibuktikan dengan materi ceramah yang diberikan oleh para kyai, ustadz dan para penceramah kebanyakan tentang aqidah dan akhlak. Kalau tidak akidah ya akhlak, kalau tidak akhlak ya akidah. Materi yang diberikan sebatas shalat, zakat, larangan judi, miras dan lain sebagainya. Sedang ruang lingkup yang ke 3 yaitu muamalah sangat jarang disampaikan. Tentunya hal ini akan berdampak terhadap kehidupan umat. Padahal telah jelas bahwa umat harus memeluk agama islam secara Kaffah (menyeluruh). Inilah salah satu kesalahan mendasar umat islam dalam memahami agama islam itu sendiri. Islam hanya dijadikan sebagai agama ritual yang tidak jauh beda dengan agama lain. Seolah islam tidak mempunyai perananan dalam pengaturan kehidupan umat  justru aturan yang kufur yang saat ini merajalela menguasai dan menyelimuti kehidupan umat islam. Sudah barang tentu jika islam yang dipelajari saat ini hanya sebatas akhlak dan akidah saja tidak akan mampu menyelesaiakan segala problem yang sedang dihadapi umat islam.


Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)


Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger