Home » , » Tips Mendapatkan Pekerjaan

Tips Mendapatkan Pekerjaan

Dhedi R Ghazali | Monday, December 23, 2013 | 0 komentar
Tips Mendapatkan Pekerjaan
Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan. Namun sayangnya banyak yang gagal dalam mencapai pekerjaan yang dia inginkan. Disini saya akan berbagi pengalaman pribadi saya hingga sampai bisa diterima bekerja disalah satu Instansi Pemerintah yaitu Kementerian Hukum dan HAM RI. Saat ini saya bekerja di Rutan Kelas IIB Wates. Dan Alhamdulillah saya bisa diterima di Kementerian Hukum dan HAM tanpa uang “ Pelicin “ 1 Rupiahpun. Setidaknya ada beberapa point yang bisa saya bagikan untuk menambah semangat kita dalam meraih pekerjaan yang kita inginkan. Tips yang saya berikan ini murni dari pengalamn saya, Berikut ini adalah beberapa point yang saya dapatkan dari pengalaman pribadi saya :

1.    Percaya diri dan Yakin Bahwa “ Kita Bisa “
Hal pertama yang perlu kita tanamkan dalam mencari pekerjaan adalah kemauan serta keyakinan bahwa kita bisa mendatakan pekerjaan ynag kita inginkan. Misalkan saja, sewaktu saya mendaftar PNS banyak orang yang berkata “ Tidak mungkin masuk PNS tanpa menggunakan uang “Pelicin”. Sayapun sempat terpengaruh dengan kata-kata tersebut sehingga keyakinan saya sempat hilang. Ketika keyakinan kita hilang, yang akan muncul adalah rasa pesimis. Sampai suatu hari saya mendapat pencerahan dari salah satu teman saya yang berkata “ Kalau kita berfikir BISA maka insyaallah kita akan BISA tapi jika kita berfikir kita TIDAK BISA maka insyaallah kita TIDAK BISA “. Dari situ keyakinan saya mulai muncul. Maka mantapkan diri Anda dan jangan terpengaruh omongan orang yang bisa membuat kepercayaan diri kita hilang.

2.    Buang Jauh-Jauh Kata “ Keberuntungan “
Pasti kita sering dengar istilah   “Orang Pandai Kalah dengan Orang Beruntung”. Secara fakta memang hal tersebut nyata adanya. Namun bagi saya kata “Keberuntungan” hanya akan memunculkan kepasrahan pada diri kita sendiri tanpa ada upaya dan usaha yang maksimal. Maka buang jauh-jauh kata keberuntungan karena keberuntungan tidak akan datang tanpa kita berusaha. Jangan sampai kita hanya bergantung pada keberuntungan ketika hal itu terjadi maka Anda hanya akan menjadi pribadi yang pasrah dan malas untuk berusaha.

3.    Jangan Takut untuk Mencoba
Banyak orang yang takut untuk mencoba. Mereka merasa tidak mampu dan mustahil untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Kalau kita takut untuk mencoba kapan kita akan tahu hasilnya??. Kalu kita takut untuk mendaftar pekerjaan kapan kita akan mendapatkan pekerjaan tersebut ??. Mulailah dari sekarang untuk mencoba meraih pekerjaan yang kita inginkan, jangan ditunda-tunda. Manfaatkan peluang sebaik mungkin sebelum peluang tersebut diambil orang lain.

4.    Perbanyak Koneksi

Semakin banyak teman maka semakin banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Saya mendapatkan informasi lowongan di Kementerian Hukum dan HAM juga dari teman saya. Kalau saja saya tidak diberitahu teman saya maka saya tidak akan mungkin bisa diterima bekerja di Instansi tersebut. Mulailah untuk mencari teman sebagai koneksi untuk menambah jaringan dan informasi tentang 
lowongan pekerjaan.

5.    Jadikan Kegagalan Sebagai Pengalaman
Banyak orang yang gagal dalam mendapatkan pekerjaan sehingga dia tidak mau mencoba lagi. Perlu kita ketahui bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Saya mendaftar PNS sudah sebanyak 4 kali, 2 Kali di PT KAI yang waktu itu masih status PNS dan 2 kali di Kementerian Hukum dan HAM. Dan baru yang keempat saya bisa diterima. Dari kegagalan tersebut banyak pengalaman yang saya jadikan sebagai sarana perbaikan untuk mendaftar tahun depan. Setiap saya gagal setidaknya saya sudah tahu bagaimana alur pendaftaran, apa saja tes yang harus dilewati dan yang terpenting adalah kita sudah tahu seluk beluk tes yang ada serta tahu jenis soal yang akan digunakan. Dari situ kita bisa belajar lebih terfokus karena kita sudah tahu dari kegagalan sebelumnya. Kegagalan itu sebuah kewajaran dan bagi saya dibalik kegagalan akan ada pengalaman dan pencapaian yang akan kita dapatkan.

6.    Belajar dan Berusaha Semaksimal Mungkin

Selama saya mendaftar dan mengikuti tes demi tes, saya tidak hanya diam saja menunggu tes berikutnya. Tapi saya belajar dan berusaha semaksimal yang saya bisa. Karena tanpa kita belajar dan berusaha saya yakin kita tidak akan bisa melalui tes demi tes dnegan baik. Persiapkan diri kita jauh-jauh hari dan jangan menunggu sampai waktu mendekati tes. Belajar tidak hanya dari buku saja bisa lewat media online. Gunakan waktu luang yang ada untuk mempelajari tes demi tes yang akan dilaksanakan. Mulai dari sekarang carilah cara-cara lulus PNS. Terlebih lagi teknologi Internet sangat membantu kita dalam mencari semua itu. Daripada kita hanya FB’an, Chatingan atau yang lain lebih baik kita membuka hal-hal yang bermanfaat salah satunya kiat-kiat masuk PNS atau juga contoh soal PNS.

7.    Berdoa dan Meminta Doa terutama dari Orang Tua
Berdoa dan meminta doa dari orang tua mungkin adalah hal yang dianggap sepele. Namun percayalah semua itu kana sangat membantu kita. Saat kita mau mendaftar pekerjaan pastikan kedua orang tua kita tahu serta setiap akan melaksanakan tes jangan meminta doa kepada kedua orang tua. Dengan begitu saya yakin pula orang tua kita juga akan mendoakan kita. Insyaallah doa kedua orang tua untuk anaknya akan dijabah oleh ALLAH SWT. Jangan lupa juga melaksanakan shalat Tahajud. Setelah shalat Tahajud dilanjutkan dengan doa yang jelas dan spesifik. Misal “ YA Allah bantulah Hamba dan permudahkanlah Hambamu ini dalam mengikuti tes seleksi di Kementerian Hukum dan Ham tahun ini agar saya dapat lulus dan mendapatkan pekerjaan tersebut “. Sebutkan pekerjaan yang kita inginkan agar lebih spesifik.

Itulah beberapa tips dari saya agar kita mampu mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Tips tersebut berdasarkan pengalaman pribadi saya sampai akhirnya saya mendapatkan pekerjaan. Saya yakin masih banyak tips dari orang lain. Saran dari saya adalah jangan hanya mencari Tips dari satu orang saja, tapi carilah tips dari orang lain juga. Semakin banyak tips yang ada maka semakin banyak pula ilmu yang akan kita dapatkan. Yang terpenting adalah “ Jangan takut untuk mencoba, jangan menerah ketika kita gagal, coba dan terus coba diikuti dengan usaha dan doa “. Semoga tips diatas bermanfaat.

“ Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa dan hasil akhirnya adalah tetap ALLAH SWT yang menentukan yakinlah tidak ada yang tidak mungkin jika ALLAH menghendaki “

======================================================================== Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali





Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger