Home » , , » Memahami Karakteristik Kesulitan

Memahami Karakteristik Kesulitan

Dhedi R Ghazali | Tuesday, December 31, 2013 | 0 komentar
Memahami Karakteristik Kesulitan
Seringkali manusia merasa takut duluan ketika dihadapkan dengan yang namanya kesulitan. Tak jarang pula kesulitan dijadikan kambing hitam untuk seseorang menyerah. Begitu takutnya kita pada kesulitan membuat kita susah untuk meraih kebaikan dalam kehidupan. Manusia yang takut pada sebuah kesulitan dapat dilihat dengan cara bagaimana kita menolak tantangan, tidak mau ambil resiko, lekas menyerah, mudah frustasi dan selalu mencari yang instan dan perkara ataupun hal-hal yang mudah. Padahal ketika kita takut dengan kesulitan bisa saya pastikan hidup yang dijalankan tidak akan memuaskan. Ada ungkapan yang mengatakan " Jika kau ingin jadi pohon kelapa, haruslah berani menahan terpaan angin. Namun jika takut diterpa angin maka jadilah rumput saja ". Banyak hal yang harus kita pahami tentang kesulitan. Disini saya akan memberikan beberapa point karakter kesulitan. Insyaallah dengan memahami karakter kesulitan tersebut akan meringankan dan meyakinkan kita untuk tidak takut pada kesulitan. Berikut ini adalah beberapa karakter kesulitan :

1. Kita harus memahami bahwa kehidupan ini adalah perjuangan untuk menghadapi kesulitan.

Siapapun orangnya, dimanapun dia, kapanpun dan dalam keadaan bagaimanapun selama masih mampu menghela nafas pasti akan mengalami kesulitan. Namun ada yang berhasil menghadapi kesulitan tersebut tak sedikit pula yang gagal dan semua itu adalah sebuah kewajaran. Jadi kalau kita takut dengan kesulitan sama saja kita takut menjalani kehidupan.

2. Kesulitan bersifat universal dan milik semua orang.

Mungkin sering kita merasa kita selalu kesulitan dalam mencari uang sedangkan orang lain terlihat begitu mudahnya mendapatkan uang. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan begitu juga bahwa setiap orang akan dimudahkan dalam suatu hal namun akan disulitkan dalam hal yang lain. Jadi dengan memahami bahwa kesulitan adalah hal yang universal dan milik semua orang akan membuat kita menjadi lebih siap dan tegar dalam menghadapi kesulitan tersebut.

3. Kesulitan adalah sunnatullah ( ketetapan Allah )

Setiap kesulitan adalah sebuajh ketetapan Allah untuk menguji kesabaran umatnya. 
Allah berfirman " Dan benar-benar akan Kami berikan cobaan pada kalian dengan sesuatu berupa kesulitan, kelaparan dan kekurangan akan harta, jiwa dan buah-buahan. Maka berikan kabar gembira bagi orang-orang yang penyabar. (Al Baqarah 155 ) . 
Dari ayat diatas sudahlah begitu jelas bahwa mau tidak mau, suka tidak suka terpaksa atau tidak terpaksa kita pasti akan mengalami Kesulitan. Dan jangan pernah berfikir dan menginginkan kita akan hidup serba mudah karena itu adalah hal yang mustahil. Ingatlah bahwa tidak akan ada duka dan bahagia yang abadi didunia suatu ketika tawa akan tergantikan air mata. Dengan memahami kesulitan sebagai cobaan dari Allah SWT insyaallah kita akan berusaha untuk lulus menghadapi cobaan tersebut.
 
4. Tidak ada kesulitan yang melebihi batas kekuatan manusia.

Allah berfirman " Tidaklah Allah membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya " . ( Al Baqarah 286 ). 
Ingatlah bahwa Allah tidak akan zalim pada umatnya. Setiap kesulitan yang Allah SWT turunkan pada kita hakikatnya bisa kita lalui dengan kekuatan yang ada dalam diri kita. Namun yang sering terjadi adalah kita tidak mempunyai kesabaran dan  keberanian terhadap kesulitan sehingga kita menyerah ditengah jalan. Jika kesulitan yang ada harusnya bisa kita atasi semua kenapa kita masih takut dengan kesulitan tersebut??

5. Dibalik kesulitan pasti akan datang kemudahan

Sebuah kesulitan adalah jalan dan pembelajaran buat kita untuk bisa menemukan sebuah kemudahan.
Allah SWT berfirman " Karena sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan ".
Yang sering terjadi adalah banyak orang yang bosan dengan segala kesulitan yang dihadapinya sehingga mereka memilih cara instan dan menyimpang demi mendapatkan kemudahan. Kesalahan tersebut sungguh sangat fatal mengingat Allah SWT sudah jelas memberikan kabar bahwa dibalik kesulitan akan ada kemudahan. Allah tidak akan pernah berdusta dalam setiap firman Nya. Oleh karena itu yakinlah bahwa ketika kita mampu menghadapi kesulitan maka kita akan mendapatkan kemudahan.

Itulah beberapa karakteristik kesulitan yang kita alami dalam kehidupan ini. Marilah kita memahami karakteristik kesulitan tersebut. Dengan begitu insyaallah kita akan lebih bijak dalam menghadapi kesulitan yang menimpa diri kita. Jangan pernah takut pada kesulitan karena banyak orang - orang hebat yang lahir dari tempaan kesulitan yang bisa mereka kalahkan dengan penuh perjuangan, kesabaran dan keikhlasan. Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik buat kita dan senantiasa meneguhkan kita serta memberikan kita kekuatan untuk mengalahkan setiap kesulitan yang menimpa dalam kehidupan yang kita jalankan. Aamiin.

Baca Juga :
Arti Sebuah Pandangan Hidup
Jika Esok Tak Pernah Datang
Pantaskah Kita Mengeluh ??
Cukup Jadi Diri Sendiri Untuk Menang
Jika Dia Mencintaimu, Lalu Apa???

===========================================================================
Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 
“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali

Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger