Home » , » Arti Sebuah Pandangan Hidup

Arti Sebuah Pandangan Hidup

Dhedi R Ghazali | Tuesday, December 17, 2013 | 0 komentar

Arti Sebuah Pandangan Hidup

Setiap manusia pasti memiliki pandangan hidup. Dan pastilah antara manusia satu dengan manusia yang lain memiliki pandangan hidup yang berbeda-beda. Lalu apa pandangan hidup Anda ?? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mungkin tulisan saya dibawah ini bisa membantu Anda untuk mencari pandangan hidup yang tepat dalam menjalani kehidupan kita.
Apa itu pandangan hidup ??? 

Bedasar referensi yang sudah saya baca, secara umum pandangan hidup diartikan sebagai pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Dari arti diatas saya menyimpulkan bahwa pandangan hidup merupakan hal yang penting dalam menjalani kehidupan kita didunia ini, pandangan hidup ibaratkan plang arah tujuan dipinggir jalan yang akan memberikan petunjuk kepada kita hingga kita menemukan tempat yang tepat sesuai tujuan kita. Memang ini tidak mutlak, karena bisa saja kita mencari jalan alternatif dan tidak mengikuti plang yang ada, toh akhirnya bisa sampai tuuan juga. Namun ingat, jika kita menggunakan jalur dengan plang yang tepat maka kita akan lebih cepat sampai pada tujuan.

Disinilah pandangan hidup itu berperan, jika kita mempunyai pandangan hidup yang benar dan kita menggunkannya maka kita akan menjadi pribadi yang kokoh dan tak tergoyahkan oleh orang lain. Sayangnya banyak kasus yang terjadi adalah kebanyakan orang memiliki pandangan hidup yang salah dan hanya berorientasi kepada dunia saja sehingga kehidupan yang dia jalani hanya serta merta untuk meraih kebahagiaan didunia saja.

Sebagai contoh, banyak orang yang menggunakan kata-kata bijak dan kata-kata motivasi dari motivator terkenal sebagai pandangan hidup mereka. Disinilah letak kesalahan yang sering terjadi. Memang menggunakan kata-kata bijak bukanlah hal yang salah akan tetapi lebih bijak lagi ketika kita hanya jadikan kata-kata tersebut sebagai motivasi tambahan untuk menunjang pandangan hidup kita. Lalu apa yang harus kita jadikan pandangan hidup ???

Setiap manusia secara fitrah pasti mempercayai adannya sang pencipta. Dan hal tersebut akan membuat manusia mempunyai kepercayaan atau disebut juga sebagai agama. Dan agama itulah yang harusnya kita jadikan pandangan hidup, bukan yang lain. Kita menyadari bahwa banyak agama didunia ini, dan setiap agama pasti mengajarkan kebaikan bagi para penganutnya. Termasuk islam. Didalam agama islam banyak diajarkan tantang bagaimana seharusnya kita menjalani hidup ini. Entah itu dalam hal ibadah, hubungan dengan sesama manusia dan bagaimana manusia harus bersikap terhadap dirinya sendiri. Tiga lingkup kehidupan yang kita jalani yaitu : bagaimana kita berhubungan dengan Pencipta, bagaimana kita berhubungan dengan manusia lain dan bagaimana kita berhubungan dengan diri sendiri, semua diatur dalam agama islam. Jadi kesimpulannya adalah bahwa agama islam merupakan pandangan hidup yang tepat untuk kita menjalani kehidupan. Karena dengannya kita akan mendapapatkan kesuksesan dunia dan akhirat.

Janganlah sampai orientasi hidup kita didunia ini hanyalah untuk mengejar nikmat dunia saja, karena semua itu hanya fana dan sementara. Jangan sampai pula kita memiliki pandangan hidup yang salah, karena meskipun kita mempunyai pandangan hidup yang kita anggap baik dan membawa kita menuju kesuksesan dunia belum tentu semua itu akan membawa kita mendapat sukses akhirat juga. Ingatlah bahwa setiap orang akan menjumpai kematian dan sudah sewajarnya kita memikirkan pula apa yang ada setelah kematian dan apa yang akan kita dapat setelah kematian tersebut. Sesuatu yang dianggap benar menurut manusia belum tentu benar menurut Allah. Semoga Allah senantiasa menujukkan jalan menuju kebenaran dan surga kepada kita serta selalu membimbing langkah-langkah kita mendekat mendapatkan ridho-Nya.

Maka berbuatlah sesuatu untuk satu hari di mana kematianmu datang, engkau meninggal dalam keadaan tersenyum bahagia dan sementara orang lain menangisi kepergianmu."
 (Ali bin Abi Thalib).

======================================================================== Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Setelah membaca, saya harap juga bisa meninggalkan komentar.  Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 
“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)

Bergabunglah dengan fans pages fb " Kehidupan Tanpa Batas ", follow juga ya . . hihihi .. 
  
By : Dhedi R Ghazali 


Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger