Home » » Arti Sebuah Kesuksesan

Arti Sebuah Kesuksesan

Dhedi R Ghazali | Friday, November 22, 2013 | 0 komentar


Sukses tentunya adalah suatu hal yang ingin dicapai oleh setiap orang. Siapapun dia, dimanapun dia berada, apapun pekerjaannya, apapun agamanya pasti menginginkan sukses di kehidupannya. Selama ini banyak orang yang mempunyai pandangan berbeda tentang arti sebuah kesuksesan. Sukses bagi orang yang satu pasti berbeda dengan yang lain. Inilah yang harus kita pahami. Namun jangan sampai kita mengukur kesuksesan itu dari penilaian dan keinginan orang lain. Akibatnya kita sendiri tak tahu apa sukses yang sebenarnya bagi diri kita sendiri. Begitu juga dengan saya, saya juga mempunyai pandangan tersendiri tentang kesuksesan tersebut. Pandangan ini saya dapatkan seiring dengan kehidupan yang saya jalankan sampai saat ini. Berbagai tantangan, kegagalan, pencapaian dan keputusasaanlah yang mengajarkan tentang arti sebuah kesuksesan versi saya sendiri serta bagaimana cara mencapai kesuksesan tersebut. Hehehehe . . .
Ada banyak orang beranggapan bahwa kesuksesan itu diukur dari materi. Semakin banyak materi yang bisa dihasilkan maka semakin sukses orang tersebut. Benarkah begitu ??? Jabatan, harta dan kekayaan adalah hal yang tentunya menjadi magnet dengan daya tarik yang hebat bagi manusia. Namun kita juga harus memahami bahwa semakin tinggi Jabatan kita, semakin banyak harta kita dan kekayaan kita maka bisa dipastikan akan semakin banyak pula tantangan dalam kehidupan yang seang kita jalani. Apa tantangannya ?? Ada banyak orang yang kaya raya namun seketika juga harta kekayaan itu hilang saat itu juga orang tersebut depresi dan menjadi gila. Hal ini dikarenakan harta dan kekayaan sudah menjadi tujuan utama kehidupannya. Ada juga orang yang kaya raya akan tetapi keluarganya kacau balau, orang tuanya selingkuh dan anak-anaknya terjebak dalam pergaulan bebas sehingga kehidupan keluarga tersebut tak lebih baik dari kehidupan keluarga sederhana yang kepala keluarganya hanya bekerja sebagai buruh namun kehidupan keluarganya begitu terlihat bahagia dan bertaburkan indah senyuman ditengah kesederhanaan tersebut. Secara sederhana bisa saya katakan "Tantangannya adalah apakah Anda tetap merasa bahagia dan sukses ketika semua 'atribut fisik' Anda tiba-tiba hilang. Ketika semua kekayaan dan jabatan hilang, bisa jadi Anda akan gagal dan jadi depresi," . Jadi menurut saya harta kekayaan dan tingginya jabatan tak dapat dijadikan ukuran sebuah kesuksesan.



Kesuksesan bagi saya adalah perasaan yang saya rasakan disaat saat saya mampu mencapai sesuatu. Saya merasa sukses disaat saya merasakan senang, tentram dan nyaman ketika saya berhasil mencapai sesuatu hal sekecil apapun itu. Misalkan saja ketika saya berada dibangku kuliah dan mendapat nilai A pada matakuliah tertentu dengan hasil jerih payah saya sendiri dan saat itu juga saya merasa bangga dan senang maka saat itu pula saya merasa menjadi orang yang sukses. Namun ketika saya mendapat nilai A dari hasil mencontek orang lain dan saya merasa malu serta tidak puas saat itu juga saya merasa gagal. Itulah arti sebuah kesuksesaan versi saya. Sekecil apapun sesuatu yang kita capai namun bisa membuat kita merasa senang, bangga, tentram dan nyaman maka itulah yang saya sebut sebagai sebuah kesuksesan. Akan tetapai ketika kita mencapai sesuatu sebesar dan sebaik apapun itu namun kita tidak merasa senang dengan pencapaian tersebut maka itulah yang saya sebut sebagai sebuah kegagalan. Saya tidak pernah mengukur kesuskesan saya dengan kesuksesan orang lain. Kesuksesan orang lain hanya saya jadikan sebagai contoh dan penyemangat dalam meraih kesuksesan versi saya sendiri. Ingat, kesuksesan bukan apa yang orang lain rasakan, tapi apa yang Anda rasakan sendiri. Hidup adalah hidup Anda dan sukses adalah sukses Anda. Tidak ada yang berhak ikut campur menentukan bagaimana seharusnya Anda sukses. Untuk apa Anda dianggap sukses bagi orang lain, tapi dianggap gagal oleh diri sendiri? Untuk apa orang lain kagum dengan apa yang Anda capai, tapi Anda sendiri tidak pernah bahagia menikmati hasil pencapaian Anda. What for? Ini namanya membohongi diri sendiri.



Itulah arti sebuah kesuksesan menurut versi saya. Mulailah mencoba untuk mencari apa yang kita cari dalam kehidupan ini, apa yang kita inginkan dan mulailah untuk meraih semua itu. Kesuksesan tidak akan datang ketika kita diam dan hanya menyaksikan kesuksesan orang lain. Kita pasti bisa menjadi orang sukses karena semua orang layak untuk menjadi sukses. Jadi apa arti kesuksesan menurut Anda?? Tinggalkan comment tentang arti kesuksesan menurut Anda sebagai sarana untuk saling share. Terimakasih.


Setiap postingan diblok ini adalah hasil karya saya sendiri, jika memang bermanfaat bagi pembaca silahkan like blog ini dan artikel ini. Karena bagi saya dengan men like sudah cukup untuk membuat saya senang dan tidak berhenti untuk menuangkan tulisan-tulisan/postingan lain. Kritik dan saran sangat saya harapkan.
========================================================================

Jika menurut kalian, artikel ini bermanfaat. Silahkan di-share untuk teman Anda, sahabat Anda, keluarga Anda, atau bahkan orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Semoga Anda juga mendapatkan balasan pahala yang berlimpah dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Barangsiapa yg memberi petunjuk atas kebaikan, maka baginya adalah pahala seperti orang yg melakukan kebaikan itu.” (HR Muslim)
 
By : Dhedi R Ghazali
Share this article :
Kehidupan Tanpa Batas

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Copyright © Nov 2010. Kehidupan Tanpa Batas - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger